PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021

ELENDYAR MEININGTIYAS, 126406201083 (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan makanan dan minuman adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur makanan dan minuman. Di Indonesia sendiri perusahaan makanan dan minuman berkembang dengan pesat, hal ini dapat dilihat dari jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode ke periode semakin banyak. Ketatnya persaingan antar perusahaan menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan profitabilitasnya. Perusahaan dikatakan berhasil apabila memiliki profitabilitas yang tinggi, lebih – lebih jika profitabilitas perusahaan tersebut selalu meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut mendorong penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif . Data yang digunakan berupa data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman mulai tahun 2018-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Sampel yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan dengan tahun penelitian selama 4 tahun, mulai dari tahun 2018-2021. Hasil penelitian menujukkan (1) secara simultan ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, (3) umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan (4) leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406201083 Elendyar Meiningtiyas
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:11
Last Modified: 30 Aug 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51479

Actions (login required)

View Item View Item