STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung Dan MI Unggulan Mabadi’ Sayyidil Ummah (MSU) Pagerwojo Tulungagung)

DEWI SALSABILA, 128505203008 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung Dan MI Unggulan Mabadi’ Sayyidil Ummah (MSU) Pagerwojo Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Thesis dengan judul Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kelancaran Hafalan Al-Qur’an (Studi Multi Situs di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung Dan MI Unggulan Mabadi’ Sayyidil Ummah (MSU) Pagerwojo Tulungagung) yang ditulis oleh Dewi Salsabila NIM. 128505203008 yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj Elfi Muawanah S.Ag, M.Pd, dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag Kata Kunci: Strategi, Guru, Hafalan Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah maupun madrasah yang menjadikan program hafalan Al-Qur’an sebagai program ekstrakurikuler bahkan ada yang menjadikannya sebagai program unggulan di sekolah / madrasah. Sebagaimana biasanya, program tahfidz ini dijumpai di pondok-pondok pesantren. Tentunya hal itu berbeda dengan sekolah / madrasah kegiatan pembelajarannya hanyalah terbatas sekitar 6 - 7 jam saja. Terkait pelaksanaan program tahfidz ini, setiap guru di sekolah maupun madrasah tentunya memiliki strategi pembelajaran dalam meningkatkan kelancaran hafalan Al-Qur’an. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah persiapan pembelajaran tahfidz di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan MI Unggulan Mabadi’ Sayyidil Ummah (MSU) Pagerwojo Tulungagung?; 2) Bagaimanakah implementasi pembelajaran tahfidz dalam meningkatkan kelancaran hafalan Al-Qur’an di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan MI Unggulan Pagerwojo Tulungagung?; 3) Bagaimanakah Evaluasi pembelajaran tahfidz di SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung dan MI Unggulan Mabadi’ Sayyidil Ummah (MSU) Pagerwojo Tulungagung? Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan wawasan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran tahfidz, yakni dengan memahami strategi pembelajaran dalam meningkatkan kelancaran hafalan Al-Qur’an baik sekolah maupun madrasah dengan karakteristik masyarakat di kota maupun di desa karena salah satu situs penelitian terletak di lereng gunung Wilis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data memakai wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan tehnik keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas, transferability dan pengujian confirmability Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz di di SDI Al Azhaar berlangsung pada jam efektif selama 2 jam dengan menggunakan metode tabarak dan target minimal 3 juz saat lulus. Adapun inovasi pembelajarannya adalah kegiatan daurah yang dilaksanakan selama sepekan saat libur sekolah. Pembelajaran tahfidz di MI Unggulan berlangsung selama 1 jam dengan target harian 1 baris dan target minimal hafal surat Yasin dan Juz 30 saat lulus. Metode yang digunakan adalah metode takrir, drill dan talaqqi. Inovasi pembelajarannya berupa kegiatan TPQ pada sore hari dan kegiatan daurah yang berupa sistem blok selama sepekan saat hari efektif. Inovasi evaluasi akhir berupa kegiatan tasmi’ yang ditayangkan langsung melalui media sosial YouTube atau FaceBook.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203008 DEWI SALSABILA
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:37
Last Modified: 22 Aug 2024 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51512

Actions (login required)

View Item View Item