SEPTY CHOIRUN NISSA, 126205202088 (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MAMBAUL HIKAM KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Perserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri” ditulis oleh Septy Choirun Nissa, NIM. 126205202088, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah yang memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar anak. Kurang tepatnya pola asuh yang diterapkan kepada anak serta fasilitas yang kurang mendukung baik di sekolah maupun di rumah akan berakibat pada penurunan prestasi belajar anak khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri, (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri, (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri. Diperoleh nilai thitung (2,267) > ttabel (2,035) dengan nilai Sig. sebesar 0,030 < 0,05. (2) Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri. Diperoleh nilai thitung (12,122) > ttabel (2,035) dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri. Diperoleh nilai fhitung (73,478) > ftabel (3,28) dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Mambaul Hikam Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202088 SEPTY CHOIRUN NISSA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51531 |
Actions (login required)
View Item |