ZUZUN ROHMAWATI, 126210202102 (2024) IMPLEMENTASI DIMENSI GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII DI SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (279kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VII di SMPN 2 Kademangan” yang ditulis oleh Zuzun Rohmawati, NIM 126210202102, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Gotong Royong, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Profil Pelajar Pancasila Seiring dengan perkembangan zaman diikuti dengan perkembangan teknologi menjadikan landasan utama dunia pendidikan harus menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan perubahan serta perkembangan zaman saat ini, dengan adanya perubahan sistem pendidikan diharapkan memperbaiki mutu belajar serta mutu kualitas anak bangsa di masa depan. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan sistem pendidikan yang baru yaitu kurikulum merdeka dengan penguatan profil pelajar pancasila, diharapkan adanya perubahan kurikulum ini pendidikan di Indonesia bisa lebih unggul. Selain itu, peserta didik memiliki jiwa kompetensi global dengan profil pelajar pancasila dimensi gotong royong. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis teks berita pada dimensi gotong royong di kelas VII SMPN 2 Kademangan. Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer berupa hasil wawancara guru VII SMPN 2 Kademangan sedangkan sumber data sekunder berupa dari buku, dokumen pribadi, dan dokumen resmi sekolah. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi teknik dan triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis teks berita kelas VII di SMPN 2 Kademangan sesuai kurikulum merdeka ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan dengan menyusun perangkat yang digunakan sebelum pembelajaran berlangsung yaitu menganalisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan alur tujuan pembelajaran, dan pengembangan modul ajar, 2) pelaksanaan perangkat yang digunakan sesuai modul ajar yang akan disampaikan tercermin dari muatan gotong royong mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, sampai kegiatan penutup, dan 3) evaluasi diharapkan terlaksanakan maupun proses pembentukan sesuai dengan harapan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Hal tersebut didukung dengan terpenuhinya seluruh dimensi gotong royong pada guru dan peserta didik yaitu kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202102 ZUZUN ROHMAWATI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51532 |
Actions (login required)
View Item |