IMPLEMENTASI PROGRAM MADIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

SOFI MEITA SARI, 126201201018 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MADIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program MADIN dalam Mengembangkan Kompetensi Keagamaan Peserta Didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Sofi Meita Sari NIM 126201201018. Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Implementasi, Program MADIN, Kompetensi Keagamaan. Madrasah Diniyyah merupakan salah satu program pendidikan agama yang berfungsi sebagai pembinaan pendidikan agama Islam. Berbeda dengan lembaga umum lainnya, SMP 1 Ngantru telah menerapkan program madin sebagai program unggulan keagamaan Islam. Selain sebagai pembinaan karakteristik dan budaya masyarakat yang Islami, program madin di lembaga ini berfungsi untuk mengembangkan kompetensi keagamaan peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Perencanaan program madin dalam meningkatkan kompetensi keagamaan peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. (2) Pelaksanaan program madin dalam meningkatkan kompetensi keagamaan peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. (3) Evaluasi program madin dalam meningkatkan kompetensi keagamaan peserta didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Pada tahap perencanaan guru mempersiapkan segala sesuatu agar pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Hasil perencanaan yang diperoleh melalui rapat adalah menentukan tujuan pembelajaran ayitu untuk mengembangkan kompetensi keagamaan peserta didik, menentukan jadwal dan materi dimana madin dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 07.00 sampai pukul 08.00 dan materi yang digunakan adalah Fiqih berupa Kitab Mabadi Fiqih juz 1-3, menentukan metode, metode yang digunakan oleh guru dan ustad/ustadzah mayoritas adalah metode ceramah, menentukan kompetensi yang ingin dicapai yaitu kompetensi berupa fiqih mengenai hukum Islam dan prakteknya. (2) Pelaksanaan program madin menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab dan hafalan. (3) Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran, evaluasi yang dilakukan adalah Instrumen tes tulis berbentuk soal pilihan ganda dan isian mengenai materi seputar fiqih, ujian lisan berupa tanya jawab, daftar pertanyaan yang diajukan guru, ustad/ustadzah (bacaan-bacaan sholat, niat mandi besar dan sebagainya).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201018 SOFI MEITA SARI
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:39
Last Modified: 04 Sep 2024 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51572

Actions (login required)

View Item View Item