WAFIQ ANNISA NUR ARIFIN, 126208203098 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E- LEAFLET MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (919kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengembangan Media E-Leaflet Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung” ditulis oleh Wafiq Annisa Nur Arifin, NIM 126208203098, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si Kata Kunci : E-Leaflet, Keanekaragaman Hayati, Pengembangan, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya materi pembelajaran yang belum dikuasai penuh oleh siswa yaitu materi keanekaragaman hayati, hal ini disebabkan karena kurang tercapainya pemanfaatan lingkungan yang ada disekolah sebagai media dan sumber belajar bagi siswa, selain itu belum maksimalnya penggunaan fasilitas sekolah sebagai penunjang pembelajaran. Kemudian hasil angket kebutuhan media menunjukkan bahwa 57,2 % siswa mengalami kesulitan memahami materi keanekaragaman hayati dan 42,9% dari siswa tersebut tidak menggunakan atau mencari buku pegangan lain sebagai sumber belajar. 75% siswa membutuhkan bahan ajar alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari materi yang sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses pengembangan media e-leaflet materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. (2) untuk mendiskripsikan keefektifan media e-leaflet materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan pada pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Tulungagung. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Metode eksperimen penggunaan media pembelajaran e-leaflet untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ini menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis statistic berupa uji t. pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi, serta tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Pengembangan e-leaflet materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung mengacu pada model ADDIE. Diawali dengan analisis capaian pembelajaran, analisis kebutuhan media dan materi. Kemudian merancang storyboard untuk mengembangkan e-leaflet, melakukan validasi dan menyebar angket keterbacaan siswa. Kemudian uji pre-test, post-test dan menyebar angket motivasi belajar. Terakhir evaluasi produk. E-leaflet memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 95% , ahli media sebesar 94,3% dan penilaian dari guru biologi sebesar 96,6% dengan kriteria ketiga sangat valid. E- leaflet memperoleh penilaian dari siswa dengan rata-rata sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji N-gain menunjukkan nilai kelas eksprimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 60,4 > 26,01. Nilai rata-rata angket motivasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 88,1 > 77,1. (2) Hasil Independent sampel T-test hasil belajar memperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 kemudian hasil Independent sampel T-test angket motivasi belajar memperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta uji manova memperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa media e-leaflet materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi > Lingkungan Pendidikan > Media Pembelajaran Biologi > Pertumbuhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208203098 WAFIQ ANNISA NUR ARIFIN |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:31 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51587 |
Actions (login required)
View Item |