TIARA DWI OTAVIA, 126206202063 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI RA WAHID HASYIM PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Abstract
Otavia, Tiara. 2024. Strategi guru dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan keagamaan di RA Wahid Hasyim Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ikfi Khoulita, M.Pd.I Kata kunci: Strategi guru, karakter religius, kegiatan keagamaan Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia saat masih dini. Salah satu Pendidikan karakter yang perlu dikembangkan untuk anak usia dini yaitu karakter nilai religius yang meliputi sikap atau perilaku yang patuh terhadap ajaran agama yang dianut, toleransi dan saling rukun terhadap agama lain. Berdasarkan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat memicu perubahan termasuk perilaku dan karakter. Oleh sebab itu, peran dan strategi guru sangatlah penting untuk menanamkan karakter religius pada anak usia dini. maka dari itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian di RA Wahid Hasyim panjerejo untuk menemukan Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Nilai Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Keagamaan. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu, bagaimana bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun, bagaimana penerapak kegiatan keagamaan dalam menanamkan karakter religius anak usia 5- 6 tahun, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dlam menanamkan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di RA Wahid Hasyim Panjerejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Adapun sumber data penelitian ini yaitu guru kelompok B. Hasil penelitian tentang strategi guru dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan keagamaan di RA Wahid Hasyim Panjerejo. Yaitu, 1) bentuk kegiatan keagaman di RA Wahid Hasyim panjerejo yaitu berdoa sebelum dan sesudah belajar, shalat dhuha, tahfidz, tahlil keliling. 2) Strategi guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan yaitu menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita, metode bernyanyi, metode praktek langsung, melakukan kerjasama dengan orang tua murid. 3) Faktor pendukung guru sebagai peraga, trategi yang guru dalam penerapan kegiatan keagamaan, teman dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat teman, lingkungan yang tidak kondusif dan rasa malas anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202063 TIARA DWI OTAVIA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51589 |
Actions (login required)
View Item |