STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MI Kresna Madiun dan MIN 9 Magetan)

NANDA AFRIZAL BISRI, 1880505220029 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MI Kresna Madiun dan MIN 9 Magetan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nanda Afrizal Bisri, 2024, Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik (Studi Multisitus di MI Kresna Madiun dan MIN 9 Magetan), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1) Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. 2) Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Tanggung Jawab, Peserta Didik Karakter tanggung jawab pada era digital ini yang mulai diabaikan oleh peserta didik, perkembangan teknologi digital menjadikan peserta didik bebas mengakses segala informasi yang menyebabkan peserta didik terlena denga tugas dan tanggung jawabnya. Dunia pendidikan bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya namun juga perlu adanya penanaman karakter supaya peserta didik mengetahui tanggung jawabnya. Karakter tanggung jawab merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik, tanggung jawab diartikan sebagai sikap dan prilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat,lingkungan (alam, budaya dan sosial), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Terbentuknya karakter tanggung jawab tidak terlepas dari peran seorang guru sebagai seorang yang profesional untuk mengembangkan nilai kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik secara maksimal dengan strategi yang tepat sehingga peserta didik memiliki karakter tersebut. penelitian ini membahas bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di MI Kresna Madiun dan MIN 9 Magetan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan (1) Strategi penanaman kedisiplinan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik, (2) Strategi keteladanan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik, (3) Strategi pembiasaan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di MI Kresna Madiun dan MIN 9 Magetan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus dan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data kasus tunggal dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas dalam pembentukan karakter, yakni strategi pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Strategi guru yang digunakan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik dilakukan dengan berbagai metode. Peran guru dalam menentukan strategi sangat berpengaruh untuk membentuk karakter tanggung jawab peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi penanaman kedisiplinan dapat digunakan untuk membentuk karakter tanggung jawab peserta didik dengan cara melatih kedisiplinan tepat waktu dan kedisiplinan perbuatan. (2) Penanaman karakter tanggung jawab juga dapat dilakukan dengan menggunakan strategi keteladanan, yang meliputi: keteladanan bersikap adil, keteladanan mendidik dan membimbing, keteladanan pengetahuan dan keterampilan dan keteladanan bekerjasama secara demokratis. (3) Penanaman karakter tanggung jawab juga dapat dibentuk dengan pembiasaan guru yang dilakukan secara konsisten seperti pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220029 NANDA AFRIZAL BISRI
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:55
Last Modified: 26 Aug 2024 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51595

Actions (login required)

View Item View Item