NAZHIFATUL ULFAH, 1880505220034 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR (KOMIK) BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MI AL QUR’AN KEDIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (891kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu interdisipliner ilmu yang termasuk di dalamnya, ilmu sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah. IPS terkhusus ilmu sejarah tak asing lagi persoalannya dalam dunia pendidikan, yakni sulitnya memahami dan mengingat. Terlebih untuk tingkat pendidikan dasar yang dituntut untuk memahami peristiwa lampau yang mereka masih sangat dini dalam mendefinisikan segala cerita yang tersirat dan mengingat segala keadaan yang terungkap. Sedang semua itu membutuhkan gambaran yang tampak agar siswa mampu berekspetasi dengan tepat dan lebih memberi kesan juga warna bagi lika liku pemahaman siswa. Sehingga penulis memgembangkan buku cerita bergambar dalam bentuk peraga (komik) untuk membantu pemahaman, ingatan serta analisa anak mengenai Ilmu Pengetahuan Sosial lingkup sejarah. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Dalam hal ini, komik yang akan dikembangkan mengikuti model penelitian Borg and Gall. Tujuan dari pengembangan produk sebagai solusi dari salah satu problema pendidikan terkait dengan penyampaian materi. Uji coba penelitian dan pengembangan media komik ini berlangsung di MI Al Qur’an Kediri. Hasil penelitian dari data tingkat kevalidan produk dari ahli materi sebesar 92 %, 78 %, dan 78 % dengan keterangan valid tanpa revisi. Dari ahli desain atau media sebesar 86% dengan keterangan valid tanpa revisi, 62 % & dan 58 % dengan keterangan cukup valid tanpa revisi. Dari responden sebesar 98 %, 94 %, 96 %, 90 %, 96 %, dan 94 % dengan keterangan valid tanpa revisi. Untuk pengujian kelayakan produk, dilakukan uji T serta uji N-Gain yang mana diperoleh angka signifikansi 0,003 dan t_hitung = 3,201 > t_(tabel )= 0,298 dengan keterangan kelas eksperimen (menggunakan media) perbandingan hasil lebih besar dari kelas kontrol (tanpa media) dari uji T dan diperoleh rata-rata siswa dari kelas kontrol berinterpretasi sedang dengan keterangan 8 siswa cukup efektif dan 7 siswa kurang efektif, sedang dari kelas eksperimen diperoleh rata-rata siswa berinterpretasi tinggi dengan keterangan 14 siswa efektif menggunakan media komik. Dari data yang terkumpul menujukkan bahwa media komik pada pembelajaran IPS lingkup sejarah lebih memberi kontribusi yang positif dari pada tanpa menggunakan media. Sehingga penulis mengimplementasikan media komik secara cetak pada dunia pendidikan dan mendiseminasi komik secara digital melalui layanan Webtoon.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220034 NAZHIFATUL ULFAH |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 11:34 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 11:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51604 |
Actions (login required)
View Item |