PROFIL BEBAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATRIKS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI SMA AL JUMHURI BLITAR

M. FALAHUDIN MUZAKI, 1880512220001 (2024) PROFIL BEBAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATRIKS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI SMA AL JUMHURI BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (826kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika melibatkan tidak hanya pemahaman konsep, tetapi juga kemampuan pemecahan masalah. Profil beban kognitif siswa, yang mencakup aspek ingatan, pemahaman, dan aplikasi, sangat berpengaruh terhadap kemampuan dalam memecahkan masalah matematika. Beban kognitif yang dialami siswa dapat dipengaruhi oleh tingkat kesulitan informasi atau tugas serta tipe kepribadian. Teori beban kognitif menyatakan ada tiga jenis beban kognitif yaitu beban intrinsik, beban ekstrinsik, dan beban konstruktif, yang harus diatur secara efektif agar pembelajaran berjalan optimal. Salah satu contohnya adalah pada materi matriks, sebagai topik penting dalam matematika yang menuntut pemahaman mendalam dan kemampuan operasional yang kompleks. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan profil beban kognitif siswa konsentrasi kitab kuning dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan permasalahan matriks, (2) mendeskripsikan profil beban kognitif siswa konsentrasi kitab kuning dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan permasalahan matriks, (3) mendeskripsikan profil beban kognitif siswa konsentrasi hafalan Qur’an dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan permasalahan matriks, (4) serta mendeskripsikan profil beban kognitif siswa konsentrasi hafalan Qur’an dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan permasalahan matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multiple case comparative study (studi perbandingan beberapa kasus). Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrovert dari siswa konsentrasi kitab kuning dan penghafal al-quran di SMA Al Jumhuri Blitar. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matriks, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan yang dikembangkan Creswell, terdiri dari mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, mengcoding data, mendeskripsikan kategori dan tema, menghubungkan tema atau deskripsi, dan menginterpretasi atau memaknai data. Hasil penelitian siswa konsentrasi kitab kuning dengan tipe kepribadian introvert mengalami kesulitan dalam memahami operasi matematika dan mengaitkan konsep, dengan dominasi beban kognitif intrinsik. Siswa ekstrovert dengan konsentrasi kitab kuning cenderung mengalami beban kognitif ekstrinsik, merasa tidak puas dengan contoh soal, dan kehilangan minat. Siswa hafalan Qur’an dengan tipe introvert menunjukkan keseimbangan antara beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik, mampu mengaitkan konsep dengan pengetahuan sebelumnya. Siswa ekstrovert dengan konsentrasi hafalan Qur’an mengalami kesulitan memahami konsep, dengan beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik yang tinggi, sehingga mengurangi beban konstruktif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220001 M. FALAHUDIN MUZAKI
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:40
Last Modified: 30 Aug 2024 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51627

Actions (login required)

View Item View Item