NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SULUH RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI MTS

MIFTAHUL IZZA, 126210202081 (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SULUH RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI MTS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Suluh Rindu Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra di MTs” disusun oleh Miftahul Izza, NIM 126210202081, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia. Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra di MTs Penggunaan sastra dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif untuk mengajarkan nilai pendidikan karakter guna menumbuhkan karakter khas pada siswa khususnya jenjang MTs. Pengajaran tersebut didasarkan pada banyaknya kasus yang terjadi dalam lingkup pendidikan. Misalnya, terjadi tawuran antarsiswa di sekolah, penyalahgunaan narkoba, kekerasan siswa terhadap orang tua maupun guru, dan masih banyak lagi. Hal ini memerlukan penanganan dari berbagai sektor yang salah satunya ialah pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti bermaksud untuk menganalisis nilai pendidikan karakter dalam novel Suluh Rindu dan implementasinya sebagai materi ajar pembelajaran sastra di MTs. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi dokumentasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Peneliti menganalisis data dengan tiga cara, yakni analisis isi, reduksi data, dan interpretasi data. Fokus pada penelitian ini ialah (1) bentuk nilai pendidikan karakter dalam novel Suluh Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy, (2) implemetasi nilai pendidikan karakter sebagai materi ajar pembelajaran sastra di MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Suluh Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy serta mendeskripsikan implementasinya sebagai materi ajar pembelajaran sastra di MTs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Suluh Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy terdapar sembilan nilai karakter, yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) mandiri, (5) demokrasi, (6) rasa ingin tahu, (7) komunikatif, (8) peduli sosial, (9) tanggung jawab. Sepuluh nilai tersebut mendapat tanggapan yang baik dari guru maupun peserta didik. Hasil implementasi novel Suluh Rindu dalam pembelajaran sastra di MTsN 8 Madiun menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut relevan dengan silabus yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Novel
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202081 MIFTAHUL IZZA
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:17
Last Modified: 26 Aug 2024 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51681

Actions (login required)

View Item View Item