MERLYA KUSUMA, 1880501220015 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Multisitus di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (840kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Multisitus di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung)” ini ditulis oleh Merlya Kusuma, NIM 1880501220015, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M. Pd.I dan Dr. H. Imam Junaris, M. H. I. Kata kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana, Kepuasan Pelanggan Sarana dan prasarana merupakan salah satu penentu faktor keberhasilan pendidikan. Kelengkapan dan ketersediaan fasilitas penunjang pendidikan sangat berpengaruh pada keefektifan dan kelancaran pembelajaran maupun aktivitas di lembaga pendidikan. Apabila sarana dan prasarana memadai maka akan memberikan kepuasan bagi pelanggannya baik untuk guru sebagai pelanggan internal maupun guru sebagai pelanggan eksternalnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Bagaimana analisis kebutuhan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung? (4) Bagaimana inventarisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung? (5) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi multi-situs. Pada penelitian ini kasus yang diteliti terdapat pada dua lembaga pendidikan, yaitu MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni (1) Analisis kebutuhan sarana dan prasarana di kedua situs dilakukan setiap tahun dalam rapat tahunan bersama dengan stakeholder madrasah dan terdapat proses evaluasi di dalamnya. Analisis kebutuhan dilakukan dengan melihat kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan estimasi biaya , (2) Perencanaan sarana dan prasarana di kedua situs dilakukan dengan beberapa langkah yakni dengan melihat analisis kebutuhan, skala prioritas, dan membentuk tim perencanaan. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan setiap tahun dalam rapat tahunan, (3) Pemeliharaan sarana dan prasarana di kedua situs dilakukan secara rutin dan berkala, (4), Inventarisasi sarana dan prasarana di kedua situs dilakukan dengan pembukuan yang diperbarui setiap tahunnya, (5). Pengawasan sarana dan prasarana di kedua situs dilakukan secara mandiri, yakni oleh seluruh warga madrasah, namun tetap menjadi tanggung jawab kepala madrasah dan wakil kepala bagian sarana dan prasarana. Pengawasan sarana dan prasarana juga dibantu dengan pemasangan CCTV.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220015 MERLYA KUSUMA |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51736 |
Actions (login required)
View Item |