WILDAN KAMALUDIN HABIBI, 12201183495 (2024) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KESADARAN BERAGAMA DAN BERAKHLAK (Studi Kasus pada Narapidana Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Habibi, Wildan Kamaludin. 2024. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Beragama dan Berakhlak (Studi Kasus Pada Narapidana Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nurul Ihsanudin, Lc. M. Ag. Visi Indonesia Emas tahun 2045 telah digaungkan oleh pemerintah. Hal tersebut didorong dengan kondisi demografi Indonesia yang diperkirakan akan mengalami kondisi bonus. Bonus demografi merupakan kondisi dimana jumlah tenaga produktif siap kerja lebih banyak dari pada ketersediaan lapangan pekerjaan. Kondisi tersebut menjadi tantangan bagi generasi muda untuk meningkatkan kapasitas diri agar memiliki daya saing. Adapun upaya yang dapat diusahakan untuk dapat membentuk karakter generasi muda penerus bangsa dimasa depan adalah dengan melalui Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana peran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan kesadaran beragama narapidana Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, dan (2) mendeskripsikan bagaimana peran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak narapidana Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berorientasi pada data yang diperoleh setelah melakukan observasi, wawancara, serta dari dokumen yang ada. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme. Pendekatan ini secara tidak langsung lebih terfokus pada sebuah scope khusus. Paradigma ini memiliki kecenderungan yang mempercayai bahwa dalam realita sosial tidak ada kebenaran maupun realitas yang bersifat tunggal. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kesadaran beragama narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar sangat penting meskipun dampaknya belum merata, dan (2) Peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar sangat penting meskipun dampaknya belum merata. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Beragama, Akhlak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183495 WILDAN KAMALUDIN HABIBI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:20 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51830 |
Actions (login required)
View Item |