PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTSN 1 BLITAR

TAURISMA AYUNING TYAS, 126211201010 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ditulis oleh Taurisma Ayuning Tyas, NIM. 126211201010, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Problem Based Learning(PBL), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran masih berpusat pada guru dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, dimana guru masih cenderung memegang kontrol proses pembelajaran yang aktif sementara siswa relatif pasif menerima dan mengikuti apa yang disajikan guru. Selama proses pembelajaran siswa cenderung hanya mengamati apa yang disajikan guru. Tidak adanya keterlibatan dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini karena proses belajar selalu berkaitan dengan melakukan suatu aktivitas atau kegiatan. Dengan ini model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar fisika siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar, (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan dsain non equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 380 siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar dengan sampel yang digunakan adalah 35 siswa kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis uji instrumen dalam penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji -T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Hal ini dibuktikan pada hasil uji-T dengan nilai signifikasi (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Hal ini dibuktikan pada hasil uji-T dengan nilai signifikasi (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Hal ini dibuktikan pada hasil uji MANOVA nilai F untuk Wilks’ Lambda dengan nilai signifikasinya 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201010 TAURISMA AYUNING TYAS
Date Deposited: 03 Sep 2024 14:10
Last Modified: 03 Sep 2024 14:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51853

Actions (login required)

View Item View Item