IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

TIKA AYU WULANDARI, 126201202167 (2024) IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Tika Ayu Wulandari, NIM. 126201202167, Program Studi Pendidikan Agama Islam ( PAI ), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK ), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 19930922 202012 2 015 Kata Kunci : Implementasi, Metode, tanya jawab, Meningkatkan, Keaktifan, Pemahaman peserta didik, Fikih Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Guru sebagai seorang Pendidik diharapkan untuk mampu mengelola kelas dan membentuk suasana pembelajaran yang nyaman bagi peserta didiknya. Banyak peserta didik yang mudah merasa bosan dan kurang fokus terhadap pembelajaran disebabkan karena kurang tepatnya pemilihan metode yang digunakan oleh guru pada kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode sangat berpengaruh terhadap keaktifan serta pemahaman peserta didik. Sehingga, sebagai seorang guru diharapkan mampu menentukan metode dengan tepat disesuaikan dengan situasi pembelajaran, kondisi peserta didik, dan materi yang akan diajarkan. Dalam hal ini, guru menggunakan metode tanya jawab yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian : ( 1 ) Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan pendahuluan mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ? ( 2 ) Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan inti mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ? ( 3 ) Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan penutup mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ? Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan pendahuluan mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dapat dilakukan dengan mengucapkan salam yang dijawab peserta didik, menanyakan kabar serta mengecek kehadiran peserta didik yang kemudian dijawab oleh peserta didik, melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan terkait materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya ataupun materi yang akan dipelajari. Pada kegiatan pendahuluan terjadi interaksi antara guru dan peserta didik dengan adanya jawaban jika guru bertanya. Adanya interaksi yang terjadi memiliki makna bahwa peserta didik aktif pada kegiatan pembelajaran. Adanya respon peserta didik dengan menjawab pertanyaan terkait materi pada pertemuan sebelumnya merupakan suatu bentuk bahwa peserta didik memahami dan masih mengingat materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (2) Penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan inti mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dapat dilakukan dengan cara guru dapat memberikan pertanyaan – pertanyaan kepada peserta didiknya terkait materi yang diajarkan. Hal ini dilakukan guru untuk menstimulasi peserta didiknya agar peserta didik memberikan jawaban berupa pendapatnya sendiri dan dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru peserta didik akan dilatih untuk berani bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya. Sehingga secara tidak langsung guru mengajak peserta didiknya untuk aktif pada kegiatan pembelajaran sekaligus memahami materi yang dipelajari dan mampu menyampaikan suatu gagasan terkait materi dengan bahasanya sendiri. (3) Penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada kegiatan penutup mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dapat dilakukan dengan cara guru mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari atau guru dapat memberikan pertanyaan terkait materi yang telah dipelajari. Dengan tujuan melakukan pengulangan agar peserta didik memahami materi yang telah dipelajari. Guru juga mengarahkan peserta didik untuk doa Bersama, mengucapkan terimakasih dan permintaan maaf. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam yang kemudian dijawab oleh peserta didik. Bentuk jawaban yang disampaikan oleh peserta didik juga merupakan bentuk kekatifan peserta didik pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202167 TIKA AYU WULANDARI
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:59
Last Modified: 28 Aug 2024 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51869

Actions (login required)

View Item View Item