MEDA AYU CAHYAWATI, 126205202162 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Meda Ayu Cahyawati. 2024. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Skripsi Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Al-Qur’an, Kemampuan, Membaca, Peran Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru yang sangat penting pada zaman yang semakin berkembang ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Kegiatan pembelajaran di kelas menjadi tanggung jawab seorang guru agar memperoleh hasil yang baik, memuaskan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat menerima materi pelajaran secara maksimal dari guru. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? 2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? 3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: 1) Pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, 2) Sumber data: data primer dan data sekunder 3) Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Peran guru sebagai pendidik, melalui program Ubudiyah dan Akhlakul Karimah sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an 2) Peran guru sebagai motivator adalah memfasilitasi dan memberikan motivasi di awal maupun di akhir pembelajaran. 3) Peran guru sebagai evaluator menggunakan tolak ukur penilaian berupa hafalan, tajwid, mahraj, dan kelancaran dalam membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202162 MEDA AYU CAHYAWATI |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51882 |
Actions (login required)
View Item |