PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BAHAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI RA MAFATIHUL ULUM BALESONO

QONI’ATUR RISQIYA, 126206202052 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BAHAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI RA MAFATIHUL ULUM BALESONO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Risqiya, Qoni’atur. 2024. Pengaruh Pemanfaatan Media Bahan Sekitar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di RA Mafatihul Ulum Balesono. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dika Putri Rahayu, M.Pd. Permasalahan yang ditemukan di RA Mafatihul Ulum Balesono adalah dimana kemampuan kognitif anak kelompok A masih rendah dan belum berkembang secara optimal. Kemampuan kognitif yang belum berkembang berdasarkan hasil observasi yaitu anak belum mampu mengenal perbedaan dengan benda-benda di sekitar meliputi fungsi dan manfaat benda-benda disekitar lingkungan, belum mampu mendeskripsikan bentuk dan tekstur benda-benda yang ada di sekitar anak, anak sulit membedakan ukuran benda-benda disekitar, anak belum mampu menjelaskan ciri-ciri benda disekitarnya anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media bahan sekitar terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Mafatihul Ulum Balesono. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi anak kelompok A sebanyak 10 orang, sedangkan sampel juga 10 orang kelompok A yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji nomalitas dan uji t dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media bahan sekitar berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Mafatihul Ulum Balesono. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai thitung yang diperoleh adalah 15,1 dan ttabel 1,85. Jadi, thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya pemanfaatan media bahan sekitar berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202052 QONI'ATUR RISQIYA
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:38
Last Modified: 09 Sep 2024 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51920

Actions (login required)

View Item View Item