IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

QURROTA A'YUNI FAUZIYAH, 126205202093 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (760kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perkembangan pendidikan di Indonesia terutama perkembangan kurikulum yang merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai upaya pemulihan pembelajaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyempurnakan kurikulum 2013 dengan meluncurkan kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka merupakan kebijakan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Kebijakan tersebut memberikan peluang bagi guru dan peserta didik untuk berkreasi, inovasi, kreatif dalam mengembangkan progam yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan adanya perubahan kurikulum diharapkan membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran kurikulum merdeka di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana pelaksanaan asesmen pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan, implementasi dan asesmen pembelajaran kurikulum merdeka di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh peneliti yakni melalui sumber data primer dan sekunder.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data memalui perpanjang pengamatan,triangulasi, keajekan pengamatan dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan asesmen pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar sudah terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran diawali dengan keikutsertaan kepala madrasah dan guru untuk mengikuti pelatihan serta workshop IKM, menganalisis CP, merumuskan TP, membuat ATP, menyiapkan bahan ajar, merancang dan mengembangkan modul ajar. Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka yakni melaksanakan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ektrakurikuler. Asesmen pembelajaran yang digunakan yaitu asesmen awal pembelajaran, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Pengolahan hasil belajar perserta didik menggunakan aplikasi rapor digital (RDM) dengan cara mengumpulkan nilai yang dihasilkan peserta didik, kemudian rata-rata sehingga menghasilkan satu nilai akhir yakni capaian pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202093 QURROTA A'YUNI FAUZIYAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:53
Last Modified: 04 Sep 2024 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51930

Actions (login required)

View Item View Item