ANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERITA SEJARAH PRIBADI KARYA SISWA KELAS XII MA AL HIKMAH LANGKAPAN

LATIFATUL HANIM, 12210173064 (2024) ANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERITA SEJARAH PRIBADI KARYA SISWA KELAS XII MA AL HIKMAH LANGKAPAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah Pribadi pada Kelas XII MA Al Hikmah Langkapan” ditulis oleh Latifatul Hanim, NIM: 12210173064, Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulidia, M.Pd.I. Kata Kunci: Kaidah Kebahasaan, Teks Cerita Sejarah Pribadi Teks cerita sejarah memiliki beberapa jenis salah satunya adalah teks cerita sejarah pribadi. Teks ceita sejarah yang baik adalah cerita yang memperhatikan kaidah kebahasaanya. Kaidah kebahasaan teks cerita sejarah pribadi meliputi a) penggunaan kalimat atau kata bermakna lampau, b) konjungsi urutan waktu, c) kata kerja material, d) kalimat tidak langsng, e) dialog, f) kata kerja mental, dan 9) kata sifat. Sebagaimana yang terjadi di kelas XII MA Al Hikmah Langkapan, yaitu masih banyak siswa yang menulis cerita sejarah pribadi tanpa memperhatikan kaidah kebahasaan. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap penulisan cerita sejarah pribadi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan. Penelitian tentang kaidah kebahasaan pada teks cerita sejarah pribadi ini berdasarkan hasil karya siswa kelas XII MA Al Hikmah Langkapan. Fokus penelitian dalam penelitian ini bagaimana kaidah kebahasaan teks cerita sejarah pribadi pada karangan siswa kelas XII di MA Al Hikmah Langkapan. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kaidah kebahasaan teks cerita sejarah pribadi siswa kelas XII MA Al Hikmah Langkapan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks cerita sejarah pribadi pada karangan siswa kelas XII di MA Al Hikmah Langkapan. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dengan instumen peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah penulisan teks cerita sejarah pribadi karya siswa kelas XII MA Al Hikmah Langkapan sangat bervariatif. Berdasarkan 20 karya siswa, ditemukan 10 karya cerita sejarah pribadi yang sudah memenuhi kaidah kebahasaan. Penggunaan kaidah kebahasaan kalimat atau kata bermakna lampau ditemukan pada 20 karya. Konjungsi urutan waktu ditemukan pada 20 karya siswa. Kata kerja material ditemukan pada 20 karya siswa. Kalimat tidak langsung ditemukan pada 4 karya siswa, terdapat 16 karya yang belum memnggunakan kalimat tiding langsung dalam penulisan cerita sejarah pribadi. Penggunaan dialog ditemukan pada 10 karya siswa. Kata kerja mental ditemukan pada 20 karya siswa. Penggunaan kata kerja mental ditemukan pada 20 karya siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173064 LATIFATUL HANIM
Date Deposited: 04 Sep 2024 12:40
Last Modified: 04 Sep 2024 12:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51933

Actions (login required)

View Item View Item