RIF'ATUL KASANAH, 1880512220003 (2024) PROSES METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF HOLIST-SERIALIST MATERI SPLTV KELAS XI IPA MAN 5 KEDIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Proses Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Holist-Serialist Materi SPLTV Kelas XI IPA MAN 5 Kediri” ini ditulis oleh Rif’atul Kasanah, NIM. 1880512220003 dengan pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd dan pembimbing II Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Metakognisi, Gaya Kognitif, Holist-Serialist, SPLTV Kemampuan pemecahan masalah penting dalam pembelajaran matematika, karena kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam menjadikan siswa memiliki kemampuan matematika. Pemecahan masalah merupakan proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pada proses pemecahan masalah terdapat salah satu syarat penguasaan pemecahan masalah yaitu kemampuan metakognisi. Untuk meningkatkan kemampuan metakognisi diperlukan adanya kesadaran yang harus dimiliki siswa pada setiap langkah berpikirnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dengan gaya kognitif holist dalam pemecahan masalah matematika materi SPLTV kelas XI IPA MAN 5 Kediri, 2) Untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dengan gaya kognitif serialist dalam pemecahan masalah matematika materi SPLTV kelas XI IPA MAN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, tes, wawancara, think aloud, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) Proses metakognisi siswa yang bergaya kognitif holist yang pertama pada tahapan planning, pada tahap ini ada beberapa proses yang dilewatkan oleh siswa tetapi siswa dapat membuat pemisalan untuk mempermudah dalam memecahkan masalah. Tahap selanjutnya adalah monitoring, siswa sudah mampu menentukan strategi atau rencana untuk memecahkan masalah yang telah diberikan. Tahap terakhir yaitu evaluation, pada tahap ini siswa dengan gaya kognitif holist sudah melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya, hal ini terlihat dari wawanca dan video think aloud. 2) Proses metakognisi siswa yang bergaya kognitif serialist yang pertama pada tahapan planning terjadi dengan baik, siswa mampu menuliskan pendahuluan yang ada dan juga siswa dapat membuat pemisalan untuk mempermudah dalam memecahkan masalah. Tahap selanjutnya adalah monitoring, siswa dengan tahap ini sudah mampu menentukan strategi atau rencana untuk memecahkan masalah yang telah diberikan tetapi ada beberapa siswa yang dalam pengerjaannya ataupun pengoperasiannya masih terdapat kesalahan. Tahap terakhir yaitu evaluation, pada tahap ini siswa dengan gaya kognitif serialist sudah melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya, hal ini terlihat dari wawanca dan video think aloud.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220003 RIF'ATUL KASANAH |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 13:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 13:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52053 |
Actions (login required)
View Item |