PROSES METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF HOLIST-SERIALIST MATERI SPLTV KELAS XI IPA MAN 5 KEDIRI

RIF'ATUL KASANAH, 1880512220003 (2024) PROSES METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF HOLIST-SERIALIST MATERI SPLTV KELAS XI IPA MAN 5 KEDIRI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Proses Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Holist-Serialist Materi SPLTV Kelas XI IPA MAN 5 Kediri” ini ditulis oleh Rif’atul Kasanah, NIM. 1880512220003 dengan pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd dan pembimbing II Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Metakognisi, Gaya Kognitif, Holist-Serialist, SPLTV Kemampuan pemecahan masalah penting dalam pembelajaran matematika, karena kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam menjadikan siswa memiliki kemampuan matematika. Pemecahan masalah merupakan proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pada proses pemecahan masalah terdapat salah satu syarat penguasaan pemecahan masalah yaitu kemampuan metakognisi. Untuk meningkatkan kemampuan metakognisi diperlukan adanya kesadaran yang harus dimiliki siswa pada setiap langkah berpikirnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dengan gaya kognitif holist dalam pemecahan masalah matematika materi SPLTV kelas XI IPA MAN 5 Kediri, 2) Untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dengan gaya kognitif serialist dalam pemecahan masalah matematika materi SPLTV kelas XI IPA MAN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, tes, wawancara, think aloud, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) Proses metakognisi siswa yang bergaya kognitif holist yang pertama pada tahapan planning, pada tahap ini ada beberapa proses yang dilewatkan oleh siswa tetapi siswa dapat membuat pemisalan untuk mempermudah dalam memecahkan masalah. Tahap selanjutnya adalah monitoring, siswa sudah mampu menentukan strategi atau rencana untuk memecahkan masalah yang telah diberikan. Tahap terakhir yaitu evaluation, pada tahap ini siswa dengan gaya kognitif holist sudah melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya, hal ini terlihat dari wawanca dan video think aloud. 2) Proses metakognisi siswa yang bergaya kognitif serialist yang pertama pada tahapan planning terjadi dengan baik, siswa mampu menuliskan pendahuluan yang ada dan juga siswa dapat membuat pemisalan untuk mempermudah dalam memecahkan masalah. Tahap selanjutnya adalah monitoring, siswa dengan tahap ini sudah mampu menentukan strategi atau rencana untuk memecahkan masalah yang telah diberikan tetapi ada beberapa siswa yang dalam pengerjaannya ataupun pengoperasiannya masih terdapat kesalahan. Tahap terakhir yaitu evaluation, pada tahap ini siswa dengan gaya kognitif serialist sudah melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya, hal ini terlihat dari wawanca dan video think aloud.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220003 RIF'ATUL KASANAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:00
Last Modified: 04 Sep 2024 13:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52053

Actions (login required)

View Item View Item