PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Multisitus di MIN 2 Blitar dan MIN 6 Blitar)

SINTA BELLA MASTURA, 188050528320008 (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Multisitus di MIN 2 Blitar dan MIN 6 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Multikultural dalam Membentuk Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Multisitus di MIN 2 Blitar dan MIN 6 Blitar)” ini ditulis oleh Sinta Bella Mastura dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunnah, M.Pd.I dan Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci:Pembelajaran, Multikultural, Toleransi, Pendidikan Kewarganegaraan Penelitian penelitian dilatarbelakangi fenomena bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya akan keberagaman etnis, budaya, agama, dan keberagaman lainnya, inilah yang menyebabkan negara ini mendapat julukan sebagai negara multikultural. Keragaman yang ada sesungguhnya dapat menjadi salah satu potensi besar bagi kemajuan bangsa. Namun di lain pihak, akan muncul berbagai macam permasalahan apabila tidak dikelola dan dibina dengan baik. Oleh karena itu, pendidikan multikultural sangat penting diterapkan di Indonesia. Pertanyaan adalah (1) Bagaimana desain pembelajaran berbasis nilai-nilai multikultural dalam membentuk karakter toleransi peserta didik melalui pendidikan kewarganegaraan? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran berbasis nilai-nilai multikultural dalam membentuk karakter toleransi peserta didik melalui pendidikan kewarganegaraan? (3) Bagaimana dampak sosial pembelajaran berbasis nilai-nilai multikultural dalam membentuk karakter toleransi peserta didik melalui pendidikan kewarganegaraan? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi multisitus Teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi partisipasi, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan kehadiran, triangulasi sumber dan teknik, serta pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan semua guru membuat perangkat pembelajaran, membangun paradigma multikultural, dan menjadikan keberagaman sebagai nilai positif yang dapat digunakan untuk membuat program-program madrasah. (2) Implementasi pembelajaran berbasis nilai-nilai multikultural dalam membentuk karakter toleransi melalui pendidikan kewarganegaraan dengan cara menyampaikan nilai- nilai multikultural berupa sikap toleransi, gotong royong, kerjasama, dan peduli terhadap sesama dengan cara menerapkan kebersamaan, pengenalan budaya- budaya daerah melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan program- program pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di madrasah. (3) Dampak sosial meningkatkan sikap toleransi dalam pembelajaran ialah adanya ketukunan antar siswa, saling menghargai sesama teman, adanya rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan seperti menghormati sesama, menghargai adanya perbedaan bahasa, warna kulit dan mengingatkan teman untuk beribadah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220008 SINTA BELA MASTURA
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:47
Last Modified: 09 Sep 2024 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52071

Actions (login required)

View Item View Item