MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung)

MUHAMMAD SYAFI'UL ANAM, 1880501220038 (2024) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek Dan MAN 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Syafi’ul Anam, NIM. 1880501220038 Pembimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Daya Saing Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh tingkat daya saing madrasah yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah madrasah. Mengingat banyaknya pesaing madrasah yang mulai bermunculan seperti yayasan dari berbagai pondok pesantren dengan berbagai tawaran yang dipromosikan kepada masyarakat umum. Oleh karena itu penting bagi kepala madrasah untuk memiliki langkah yang bijak dalam mempertahankan daya saing madrasahnya. Fokus Penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana formulasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskripstif dan studi multisitus. Peneliti hadir di lokasi MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, memperpanjang pengamatan, dan ketekukan atau keajaegan pengamatan. Temuan penelitian ini adalah : (1) Formulasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah antara lain dengan menyusun sebaik mungkin struktur organisasi kepengurusan madrasah, menyusun visi misi, menyusun rencana kerja madrasah (RKM), serta meminimalisir ancaman yang ada baik secara intern maupun ekstern. (2) Implementasi strtagei kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah antara lain dengan meningkatkan sumber daya manusia baik pendidik maupun tenaga kependidikan, menempatkan staf sesuai dengan kemampuan (the right man in the right place), menjalankan visi misi madrasah, menjalankan RKM, dan menjaga faktor-faktor pendukung berjlannya kegiatan di madrasah. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah antara lain dengan mengadakan rapat tentang analisis faktor pendukung dan penghambat penerapan rencana-rencana kerja madrasah, mengukur kinerja pegawai, dan melakukan tindakan korektif baik dalam segi rencana kegiatan madrasah maupun kepegawaian.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220038 MUHAMMAD SYAFIUL ANAM
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:47
Last Modified: 02 Sep 2024 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52078

Actions (login required)

View Item View Item