YENNI OKTARISA, 126201201026 (2024) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA Al-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH MOJOWARNO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang”. Dituilis oleh Yenni Oktarisa, NIM. 126201201026, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Bapak Hafidz Rosydiana M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru Al-Qur’an Hadits, Minat Membaca Al-Qur’an, Peserta Didik Ilmu agama saling melengkapi dengan ilmu umum berjalan secara bersama. Ilmu membaca Al-Qur’an menjadi pondasi terhadap ilmu agama yang diajarkan di ruang lingkup satuan pendidikan dari jenjang sekolah atau Madrasah dasar sampai jenjang perguruan tinggi. Kurangnya pemahaman terhadap kemampuan membaca AL-Qur’an menjadikan peserta didik kurang memiliki sifat religius karena tidak maksimal dalam memahami makna Al-Qur’an. Adapun fokus penelitian yaitu : (1). Bagaimana perencanaan strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang?. (2). Bagaimana pelaksanaan strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang?. (3). Bagaimana evaluasi strategi Guru Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang?. Adapun tujuan penelitian (1). Untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi pembelajaran yang dilakukan Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang. (2). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang. (3). Untuk mengetahui evaluasi strategi pembelajaran yang dilakukan Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang. Pendekatan yang diguankan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha untuk mendskripsikan data yang ada dengan lokasi penelitian yaitu di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi meningkatkan minat membaca Al-Quran mudah diterapkan di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang, karena strategi yang digunakan dalam penerapannya sesuai dengan kemampuan siswa. (2) Di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang program pembiasaan membaca al-Qur’an ini adalah untuk siswa yang belum bisa membaca Al-Quran dan untuk siswa yang sudah lancar membaca Al-Quran dan dapat berbicara Mahraj dan Tajwid dengan benar. (3)Dan dilanjutkan ke level Tafiz Dan lakukan di pagi hari di MI Al-Hidayah Mojowarno Jombang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201026 YENNI OKTARISA |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52101 |
Actions (login required)
View Item |