MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKULIKULER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN BAKAT SISWA (Studi Multi kasus Di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan dan MTs Sunan Drajat Paciran Lamongan)

FEBRIYAN KURNIAWAN, 1880501220006 (2024) MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKULIKULER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN BAKAT SISWA (Studi Multi kasus Di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan dan MTs Sunan Drajat Paciran Lamongan). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Program Ekstrakulikuler Dalam Meningkatkan Minat Dan Bakat Siswa (Studi Multikasus SMPN 1 Karanggeneng Lamongan Lamongan dan MTs Sunan Drajat paciran Lamongan)”, yang di tulis oleh Febriyan Kurniawan, NIM 1880501220006. Dengan promotor Prof. Dr. H. Achmad Tanzeh, M.Pd.I., dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakulikuler, Minat dan Bakat Penelitian ini didasari oleh fenomena program ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik diluar akademik. Program ekstrakurikuler membutuhkan minat dan bakat untuk mencapai efektivitas dalam pembelajaran. Dengan program ekstrakurikuler peserta didik diharapkan bisa mendapat prestasi. Fokus pertanyaan penelitian terbagi menjadi 3 bagian yaitu: 1) Perencanaan program ekstrakulikuler dalam meningkatkan minat dan bakat siswa di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan Lamongan dan MTs Sunan Drajat Paciran Lamongan?, 2) Pelaksanaan program ekstrakulikuler dalam meningkatkan minat dan bakat siswa di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan Lamongan dan MTs Sunan Drajat Paciran Lamongan?, dan 3) Evaluasi program ekstrakulikuler dalam meningkatkan minat dan bakat siswa di SMPN 1 Karanggeneng Lamongan Lamongan dan MTs Sunan Drajat Paciran Lamongan?. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan model rancangan multi kasus, teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data model Miles dan Huberman. Pemgecekan keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang meliputi (Uji Credibility, Uji Transferability, Uji Dependability, dan Uji Confirmability. Hasil penelitian ini yang mencakup 1) Perencanaan program ekstrakulikuler harus memperhatikan assesmen sesuai dengan kebutuhan sekolah dan memperhatikan standar pendidikan, menentukan waktu pelaksanaan program ekstrakulikuler, menentukan penaggung jawab, Sosialisasi program ekstrakulikuler, mengalokasikan anggaran dana untuk program ekstrakulikuler berdasarkan kesepakatan bersama dengan jajaran 2) Pelaksanaan program ekstrakulikuler yang memuat program kerja yang berupa latihan, sparing, lomba dan event-event tertentu baik dilaksanakan didalam sekolah maupun diluar sekolah, dan upaya kepala madrasah, stakeholder sekolah dan guru pembina dalam meningkatkan minat dan bakat siswa yaitu memberikan arahan, menjadi contoh teladan, nasehat, motivasi, memiliki komunikasi dua arah, serta dukungan kepada siswa yang mengikuti program diluar sekolah, dan 3) evaluasi program ekstrakulikuler dapat memberikan bahan kekurangan dalam menjalankan program ekstra dan diperbaiki di kemudian harinya, mencari solusi atau metode lain untuk siswa dalam penyelesaian masalah yang di hadapi serta upaya menjalin komunikasi dengan alumni untuk ikut berkontribusi dalam program ekstrakulikuler agar mendorong siswa lebih giat dalam pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220006 FEBRIYAN KURNIAWAN
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:46
Last Modified: 04 Sep 2024 13:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52106

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item