RIZKIA MERIKO SATRIAWAN, 12210193106 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI BOOK CREATOR DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Aplikasi Book Creator Dalam Pembelajaran Teks Fabel Kelas VII Di MTs Darissulaimaniyyah” ini ditulis oleh Rizkia Meriko Satriawan, NIM 12210193106, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Aplikasi Book Creator, Teks fabel. Fenomena kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran di MTs Darissulaimaniyyah menyebabkan siswa kurang memahami materi yang telah diberikan. Hal ini disebabkan karena penggunaan media belum maksimal. pembelajaran Bahasa Indonesia hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan media papan tulis dan spidol. Oleh karena itu, media perlu dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Produk media pembelajaran dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks fabel disajikan dalam bentuk aplikasi Book Creator yang berisikan materi dan ilustrasi gambar agar siswa lebih tertarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan Book Creator dalam pembelajaran teks fabel kelas VII MTs Darissulaimaniyah (2) mendeskripsikan uji kelayakan media pembelajaran dengan memanfaatkan Book Creator dalam pembelajaran teks fabel kelas VII MTs Darissulaimaniyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Media aplikasi Book Creator mengadaptasi model Borg and Gall (B&G) yang sangat terstruktur. Pada model pembelajaran B & G terdapat 10 tahapan. Namun, peneliti mengadaptasi model Borg and Gall menjadi 5 tahapan yaitu (1) prapengembangan, (2) pengembangan, (3) validasi, (4) revisi, dan (5) produk Akhir. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi praktisi pendidik. Efektivitas produk dapat diketahui melalui uji coba kelompok kecil, serta uji pengukuran minat belajar siswa setelah menggunakan aplikasi “Book Creator”. Berdasarkan analisis hasil penelitian pengembangan aplikasi “Book Creator” ini valid digunakan. Dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan persentasi 63,3%, ahli media mendapatkan persentasi sebesar 80,4%, dan validasi paktisi pendidik mendapatkan persentasi sebesar 77,7%. Sementara it, untuk uji coba pengukuran minat setelah memakai produk adalah sebesar 92,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk sangat valid untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193106 RIZKIA MERIKO SATRIAWAN |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:25 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52113 |
Actions (login required)
View Item |