WAHIDA NURLATIFAH AZZARKASY PUTRI, 128501203023 (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi dan SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (746kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi dan SMP Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar)”. Tesis ini ditulis oleh Wahida Nurlatifah Azzarkasy Putri, 128501203023. Pembimbing: Prof. Dr. H. Ahmad Patoni, M. Pd. dan Dr. H. Imam Junaris, M. H. I. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kepemimpinan kepala sekolah dapat memengaruhi keprofesionalan seorang guru. Tantangan menjadi guru selalu bergerak dinamis, guru harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dengan melakukan pengembangan keprofesian secara konsisten dan berkesinambungan. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat diartikan sebagai proses untuk mengubah dan mentransformasikan individu agar mau berubah dan meningkatkan kompetensi pada dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh idealisme kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (2) Untuk mendeskripsikan motivasi inspirasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (3) Untuk mendeskripsikan stimulus intelektual kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (4) Untuk mendeskripsikan pengaruh idealisme kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh idealisme kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan membangun komitmen guru terhadap tugas yang diberikan, menjadi teladan yang baik untuk guru dan peserta didik, (2) Motivasi inspiratif kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan pemberian motivasi yang menginspirasi para guru, berkomunikasi yang dapat menumbuhkan semangat kerja, (3) Stimulus Intelektual kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan sikap terbuka memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan atau melanjutkan studi, (4) Kesadaran individu kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan memperhatikan dan peduli terhadap kebutuhan guru, menampung aspirasi, keluh kesah dan mencarikan solusi serta memberikan perhargaan bagi guru yang berprestasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 128501203023 WAHIDA NURLATIFAH AZZARKASY PUTRI |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52118 |
Actions (login required)
View Item |