ERIKA MUZAINATU ZULVA, 126207202047 (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AS-SALAFI WALISONGO WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (427kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
Abstract
Zulva, Erika Muzainatu. 2024. Manajemen Peserta Didik dalam Meingkatkan Kualitas Lulusan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Kualitas Lulusan,Pondok Pesantren Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena kemerosotan moral yang dimiliki generasi masa kini. Terjadinya kemerosotan moral tersebut tak lain disebabkan oleh adanya globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin maju. Tentunya tantangan kemerosotan moral tersebut menjadi PR penting bagi seluruh lembaga pendidikan, khususnya pondok pesantren. Pondok pesantren yang memiliki eksistensi sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, tentu menopang beban berat utnuk mempertahankan ciri khas sebagai lembaga yang menjunjung tinggi kualitas moral di atas segalanya. Sehingga untuk mengatasi masalah kemerosotan moral, pondok pesantren memerlukan pengelolaan yang tepat dan terstruktur. Dengan adanya pengelolaan yang baik dan analisis kebutuhan peserta didik yang tepat, tidak mustahil bagi pondok pesantren untuk mempertahankan ciri khas bahkan dapat meningkatkan kualitasnya terutama kualitas dalam membentuk lulusan yang unggul dan bermoral. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas peserta didik di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar sehingga menghasilkan lulusan pondok pesantren yang berkualitas melalui manajemen peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As-Salafi Walisongo Blitar? (2) Bagaimana proses pelaksanaan pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As-Salafi Walisongo Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasinya di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar. Data diperoleh dari dua kriteria, yaitu data primer (melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi) dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung melalui perantara. Sumber data diperoleh dari 3P (person, place, and paper). Teknik analisis data diperoleh dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu), dan perpanjangan keikutsertaan. Tahap-tahap yang dilakukan yaitu dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan, dilakukan dengan rapat untuk menganalisis kebutuhan yang diperlukan untuk proses pembelajaran. Perencanaan kegiatan pembelajaran di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar, dibebankan pada jenjang pendidikan masing-masing yang berada di dalamnya, sehingga manajemen yang dilakukan menjadi tanggungjawab dari masing-masing jenjang pendidikan. (2) Pelaksanaan pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan, yaitu dilakukan dengan penerimaan peserta didik baru dengan Tim PPDB sebagai penannggungjawab penuh kegiatan PPDB. Untuk penentuan peserta didik yang diterima yaitu dilakukan melalui rapat besar Tim PPDB dengan pengasuh dan dewan pengajar yang ada di PPTQ As-salafi Walisongo. Pelaksanaan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan orientasi siswa dengan mengenalkan lingkukan pondok pesantren, serta kegiatan dan program kegiatan yang akan dilaksanakan peserta didik selama berada di pondok pesantren. (3) Evaluasi pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan dilaksanakan dengan pengamatan perilaku santri sehari-hari. Evaluasi juga dilakukan dengan evaluasi jangka pendek yaitu dengan penilaian akhir semester. Sedangkan evaluasi jangka panjang dilakukan dengan penilaian setiap satu tahun sekali. Evaluasi jangka pendek dan jangka panjang tersebut dilakukan untuk membuat sebuah kebijakan-kebijakan baru dengan mempertimbangkan evaluasi dari program yang sudah berjalan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202047 ERIKA MUZAINATU ZULVA |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:35 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52153 |
Actions (login required)
View Item |