HISHNA HABIBATUN NASIHAH, 126208202050 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS HASANUDDIN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Hasanuddin Kediri” ini ditulis oleh Hishna Habibatun Nasihah, NIM. 126208202050, Pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd . Kata Kunci : Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar. Model Pembelajaran digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran sehingga untuk mewujudkannya diperlukan penerapan model pembelajaran yang sesuai. Cara yang dapat dilakukan agar tercapainya keberhasilan model pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga dalam proses pembelajaran tidak hanya berpusat kepada guru tetapi juga kepada siswa, agar siswa memiliki peran aktif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dapat memancing siswa untuk aktif, siswa tidak mudah jenuh, dan hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap keaktifan siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri. (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri. (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan model non-quivalent control group. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, lembar angket, dan lembar tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Instrument (Uji Validitas dan Uji Realibilitas), Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas), dan Uji Hipotesis (Uji Paired Sample T Test dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) terhadap keaktifan siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri. Hal ini dapat dilihat pada nilai signifikansi (sig) angket keaktifan siswa yang menunjukkan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri. Hal ini dibuktikan dengan interpretasi dari Uji T-test berdasarkan nilai tabel Equal variances assumed memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Hasanuddin Kediri, hal ini dibuktikan melalui uji Manova hasil data keaktifan dan hasil belajar memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202050 HISHNA HABIBATUN NASIHAH |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:17 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52155 |
Actions (login required)
View Item |