PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Multisitus di MIN 5 Nganjuk dan MIS Hayya Alal Falah Ds Garu, Kec Baron, Kab Nganjuk)

KHOIRUN NIKMATUL IZZAH A.M, 1880505220009 (2024) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Multisitus di MIN 5 Nganjuk dan MIS Hayya Alal Falah Ds Garu, Kec Baron, Kab Nganjuk). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Khoirun Nikmatul Izzah A.M, 2024, Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas V (Studi Multisitus di MIN 5 Nganjuk dan MI Hayya Alal Falah Ds. Garu, Kec. Baron, Kab. Nganjuk), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1) Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. 2) Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, dan Kreativitas Kurikulum merdeka sangat berfokus pada pencapaian hasil belajar yang dilakukan secara nyata yaitu dengan pencapaian pada pengetahuan perilaku siswa, kemampuan siswa, dan hasil belajar siswa. Kurikulum merdeka memiliki sifat yang luwes dan fleksibel. Kurikulum merdeka akan memberikan amanat pada pendekatan berbasis pada projek. Guru sangat berperan dalam penerapan kebijakan merdeka belajar. Guru dapat berkontribusi secara kolaboratif dan efektif terhadap pengembangan kurikulum yang mengatur dan menyusun materi pembelajaran, buku teks, dan konten. Keterlibatan guru dalam proses pengembangan kurikulum penting dilakukan untuk menyelaraskan isi kurikulum dengan kebutuhan siswa. Peneliti melakukan penelitian disekolah yang sudah benar-benar menerapkan Program tersebut yaitu di MIN 5 Nganjuk dan MIS Hayya Alal Falah Ds. Garu, Kec. Baron, Kab. Nganjuk. Fokus dalam Penelitian ini adalah Bagaimana peran guru sebagai inovator pada pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas 5, Bagaimana peran guru sebagai fasilitator pada pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas 5, dan Bagaimana peran guru sebagai motivator pada pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas 5 di MIN 5 Nganjuk dan MIS Hayya Alal Falah Ds. Garu, Kec. Baron, Kab. Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan : 1) Peran Guru sebagai Inovator, 2) Peran Guru sebagai Fasilitator 3) Peran Guru sebagai Motivator dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 5 di MIN 5 Nganjuk dan MIS Hayya Alal Falah Ds. Garu, Kec. Baron, Kab Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Peran Guru Inovator yaitu guru mampu memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk melakukan ide-ide terupdate, supaya peserta didik lebih antusias, dan memiliki semangat belajar yang terus berkembang. 2) Peran Guru Fasilitator yaitu guru menyediakan materi dalam mencapai tujuan belajar, guru bertugas selalu menyajikan pengetahuan atau materi pelajaran bagi peserta didiknya. Dimana sistem pendidikan berpusat kepada peserta didik, guru hanya sebagai pendamping pembelajaran dan harus memiliki banyak pengalaman serta pengetahuan agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. 3) Peran Guru Motivator yaitu guru mampu memberikan motivasi, mendorong dan memberikan respon positif guna membangkitkan kembalı semangat siswa yang mulai menurun. Guru bertindak sebagai alat pembangkit motivasi bagi peserta didiknya. untuk menumbuhkan minat belajar siswa, guru juga perlu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar proses belajar di ruang kelas dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220009 KHOIRUN NIKMATUL IZZAH A.M
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:33
Last Modified: 04 Sep 2024 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52170

Actions (login required)

View Item View Item