STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI ERA DIGITALISASI DI MTSN 2 BLITAR

LUTFIA RAHMA, 126201203351 (2024) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI ERA DIGITALISASI DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Peserta Didik di Era Digitalisasi di MTsN 2 Blitar ini ditulis oleh Lutfia Rahma, NIM. 126201203351, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Dr. Ahmad Fahrudin. M.P.d.I Kata kunci : Strategi Guru Fikih, Kesadaran Ibadah, Era Digitalisasi Penelitian ini didasarkan pada konteks di tempat penelitian tentang peran guru fikih untuk mengatasi rendahnya kesadaran beribadah peserta didik apalagi memasuki kemajuan zaman di era digitalisasi seperti ini, dimana tantangan yang dihadapi juga semakin berat. Seringkali peserta didik lebih senang untuk bermain handphone dan sosial media sampai mereka melupakan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, guru fiqih perlu menerapkan strategi untuk meningkatkan kesadaran ibadah pada siswa yang bertujuan agar siswa dapat melaksanakan ibadah secara konsisten, menyadari kewajibannya sebagai seorang hamba, dan memiliki benteng agar tidak terlena dengan kehidupan dunia. Fokus penelitian ini diantaranya : (1) Bagaimana strategi perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar,(2) Bagaimana strategi pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar, (3) Bagaimana strategi evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar, yang diimplementasikan melalui strategi pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar serta adanya strategi evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di era digitalisasi di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang pertama adalah strategi perencanaan guru fikih MTsN 2 Blitar dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik terbagi menjadi dua perencanaan yaitu strategi perencanaan di dalam kelas diantaranya : perumusan tujuan pembelajaran, penyusunan modul ajar, pemanfaatan digital sebagai media pembelajaran dan strategi di luar kelas yaitu guru fikih bertindak sebagai pengawas dan pengkoordinir kegiatan ibadah sehari-hari. Kedua, strategi pelaksanaan guru fikih MTsN 2 Blitar dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik menggunakan strategi ceramah, Inkuiri, pembiasaan melalui salat dhuha dan dzuhur berjamaah, kajian kitab kuning, tahfidz, ,suri tauladan, dan pemberian reward atau punishment. Strategi evaluasi guru fikih MTsN 2 Blitar dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik melalui pengadaan tes, pengadaan remidi, pengecekan buku point tatibsi, tindak lanjut evaluasi dilakukan dengan melaporkan hasil perkembangan peserta didik kepada orangtua saat rapat wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203351 LUTFIA RAHMA
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:32
Last Modified: 03 Sep 2024 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52193

Actions (login required)

View Item View Item