PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI MIN 2 BLITAR

ACHMAD IBNU ERSTE MUCHLISUN, 126205203279 (2024) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Muchlisun, Achmad. 2024. Pengaruh Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Etty Zakiya Pratiwi, M.Pd. Kata kunci: Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar ini merupakan langkah untuk membangun pondasi nasionalisme, kehidupan bermasyarakat, dan bernegara pada peserta didik. Keberhasilan dalam pendidikan Pancasila ini sangat diperlukan Interaksi antara teman sebaya menimbulkan aksi reaksi yang berpengaruh terhadap peserta didik, tidak hanya positif namun juga negatif. Pergaulan yang baik tentunya akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar. Begitu juga dengan motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan dorongan agar peserta didik tergerak untuk belajar. Dengan kemauan dari peserta didik maka peningkatan hasil belajar dapat diwujudkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar, (3) untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan data penelitian ini adalah angket dan tes yang didukung dengan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji prasyarat yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Setelah uji prasyarat maka hipotesis dianalisi dengan uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F, dan uji T yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar secara simultan dengan motivasi belajar, namun tidak secara parsial, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila di MIN 2 Blitar pada kelas IV, (3) terdapat pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila pada kelas IV MIN 2 Blitar secara signifikan dengan persentase 58,9 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203279 ACHMAD IBNU ERSTE MUCHLISUN
Date Deposited: 21 Sep 2024 05:59
Last Modified: 21 Sep 2024 05:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52210

Actions (login required)

View Item View Item