PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFICACY), BUDAYA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN SE KABUPATEN TULUNGAGUNG

RIFA ZAKIYYATUL AZIZAH, 1880501220040 (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFICACY), BUDAYA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN SE KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Efikasi Diri (Self-Eficacy), Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Rifa Zakiyyatul Azizah dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Dr. H. Imam Junaris, M.H.I Kata Kunci: Efikasi Diri, Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa Prestasi belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama waktu yang telah ditentukan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh efikasi diri pada siswa itu sendiri. Sehingga siswa membutuhkan dorongan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Ketika guru mempunyai kompetensi diri yang baik pada dirinya maka diharapkan mampu memberikan kinerja yang maksimal sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain hal tersebut budaya sekolah memiliki peranan penting yang memberikan pengaruh baik bagi prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Kondisi masing-masing variabel pada lokus penelitian, 2) Pengaruh langsung antarvariabel penelitian yang terdiri dari 9 rumusan masalah, dan 3) Pengaruh tidak langsung antarvariabel penelitian yang terdiri dari 6 rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji berbagai teori pengaruh efikasi diri, budaya sekolah, kompetensi guru, dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan besaran pengaruh antar variabel dependent terhadap variabel independent. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tulungagung dengan melibatkan 2.954 siswa yang dijadikan populasi dengan sampel sebanyak 353 siswa yang ditentukan dengan menggunakan metode stratified random sampling. Variabel yang digunakan terdiri dari Independent variable (efikasi diri, budaya sekolah, kompetensi guru, dan kinerja guru) dan Dependent variable (prestasi belajar siswa). Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 24 dengan melakukan uji bivariate, uji parsial dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa: 1) Efikasi diri secara umum memiliki nilai presentase yang cukup kurang dengan nilai 6,12%, 2) Budaya sekolah menunjukkan nilai presentase yang cukup baik dengan nilai 11,05%, 3) Kompetensi guru secara umum memiliki nilai presentase yang baik dengan nilai 17,55%, 4) Kinerja guru menunjukkan nilai presentase yang baik dengan nilai 22,91%, 5) Prestasi belajar siswa secara umum memiliki nilai presentasi yang baik dengan nilai 28,83%, 6) Efikasi diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap budaya sekolah di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 7) Budaya sekolah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kompetensi guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 8) Efikasi diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 9) Budaya sekolah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 10) Kompetensi guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 11) Efikasi diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 12) Budaya sekolah mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 13) Kompetensi Guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 14) Kinerja guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 15) Efikasi diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap budaya sekolah yang dimediasi oleh kinerja guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 16) Budaya sekolah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kompetensi guru yang dimediasi oleh kinerja guru di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 17) Efikasi diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap budaya sekolah yang dimediasi oleh prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 18) Budaya sekolah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kompetensi guru yang dimediasi oleh prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 19) Kompetensi guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru yang dimediasi oleh prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaen Tulungagung, 20) Efikasi diri, budaya sekolah, kompetensi guru, kinerja guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Kabupaten Tulungagung. Angka koefisien korelasi atau R bernilai 0,759, yang berarti korelasi secara silmultan variabel efikasi diri, budaya sekolah, kompetensi guru, kinerja guru terhadap prestasi belajar masuk tergolong kategori kuat. Sementara koefisien determinasi (R2) bernilai 0,576, hal ini berarti variabel prestasi belajar mampu diterangkan oleh variabel efikasi diri, budaya sekolah, kompetensi guru dan kinerja guru sebesar 57,6% dan untuk sisanya 42,4% dijelaskan variabel lain selain keempatnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220040 RIFA ZAKIYYATUL AZIZAH
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:08
Last Modified: 06 Sep 2024 01:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52224

Actions (login required)

View Item View Item