DWI SRI HANDINI, 126207203110 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 3 JOMBANG PP. BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang” ini ditulis oleh Dwi Sri Handini, NIM 126207203110, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Motivasi Belajar Peserta Didik Penelitian ini membahas tentang manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang. Keberadaannnya sangat penting dalam sebuah kembaga pendidikan karena dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di madrasah. Maka sarana dan prasarana ini perlu dikelola dengan dilakukannya manajemen sarana dan prasarana dengan baik. Penerapan ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dalam mengupayakan pengelolaan sarana dan prasarana sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di madrasah. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam pengelolaannya mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan pengawasannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang?, 2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang?, 3) Bagaimana pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang?, 4) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang?, dan 5) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan interaktif Milles & Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1.) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang dilakukan sebelum memasuki tahun ajaran baru. Kegiatan perencanaan ini dilakukan dengan menyusun rencana kerja untuk memenuhi kebutuhan yang dilakukan dengan menganalisis kebutuhan terlebih dahulu yang kemudian menentukan skala prioritas. Perencanaan sarana dan prasarana di MTsN 3 Jombang diantaranya yaitu perencanaan alat penunjang kegiatan pembelajaran seperti: LCD Proyektor, AC/Kipas Angin, Papan Tulis/ Papan Digital, Laptop, Ruang Kelas Unggulan/ Reguler, Laboratorium Komputer/ IPA, dan Perpustakaan Seklah. 2.) Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang dilakukan dengan cara pembelian dan juga perbaikan atau merenovasi. Sumber dana atau anggaran yang digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana bersumber dari dana DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) yang diberikan oleh pemerintah dan juga dana dari Komite Madrasah. 3.) Pendayagunaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang dilakukan melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti penggunaan LCD / Proyektor, Papan Tulis, Ruang Kelas, AC/Kipas, Lab Komputer, Perpustakaan, Lab IPA, dan lain sebagainya. 4.) Pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang yaitu dengan melakukan pemeliharaan secara rutin seperti membersihkan ruang kelas sesuai dengan pembentukan jadwal piket serta pemeliharaan secara berkala seperti perbaikan LCD Proyektor, pengecetan tembok, perbaikan AC/Kipas angin, dan sebagainya. Selain itu terdapat penanggung jawab atau koordinator setiap ruangan yang mana diberi tanggung jawab dalam pemeliharaan dan penggunaan terhadap seluruh alat dan barang diruangan tersebut. 5.) Pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 3 Jombang dilakukan oleh semua warga madrasah mulai dari kepala madrasah sebagai penanggung jawab, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan juga tim khusus keamanan seperti satpam dan tim kebersihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203110 DWI SRI HANDINI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 05:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 05:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52249 |
Actions (login required)
View Item |