MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK (Studi Multisitus di MIN 2 Tulungagung dan MIN 2 Kota Kediri

SITI NUR HABIBAH, 1880501220042 (2024) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK (Studi Multisitus di MIN 2 Tulungagung dan MIN 2 Kota Kediri. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah dalam Mengembangkan Program Madrasah Ramah Anak (Studi Multisitus di MIN 2 Tulungagung dan MIN 2 Kota Kediri), ditulis oleh Siti Nur Habibah dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I dan Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah, Program Madrasah Ramah Anak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peningkatan kasus kekerasan yang terus terjadi di lingkungan sekolah. Provinsi Jawa Timur menempati posisi kedua dengan kasus kekerasan tertinggi setelah Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 626 kasus kekerasan di Indonesia terjadi di lingkungan sekolah, hal ini merupakan peringatan serius untuk sekolah maupun madrasah untuk berbenah keluar dari permasalahan dan meningkatkan kualitas dari lembaga pendidikan. Menciptakan lingkungan sekolah dan suasana pembelajaran yang ramah anak merupakan kewajiban bagi komunitas sekolah utamanya para tenaga pendidik. Program madrasah ramah anak digunakan sebagai sebuah upaya peningkatan mutu madrasah dalam menciptakan kondisi madrasah yang dapat menjamin, memenuhi hak-hak dan perlindungan anak dari tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan madrasah. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) bagaimana perencanaan peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak? (2) bagaimana pelaksanaan peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak? (3) bagaimana pemeriksaan peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak? dan (4) bagaimana tindak lanjut peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi multisitus. Penelitian ini dilakukan di dua situs yaitu MIN 2 Tulungagung dan MIN 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi secara langsung ke madrasah, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, ketua tim pelaksana madrasah ramah anak, tenaga pendidik dan kependidik, serta analisis dokumen terkait peningkatan mutu madrasah dalam program madrasah ramah anak. Teknik analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis lintas kasus. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data melalui tiangulasi, uji transferability, uji dependability dan uji comfirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan madrasah ramah anak dilakukan dengan menetapkan tujuan madrasah ramah anak, menetapkan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan madrasah ramah anak, membentuk tim pelaksana madrasah ramah anak dan pelatihan sumber daya manusia dan lainnya pendukung madrasah ramah anak (2) pelaksanaan peningkatan mutu madrasah ramah anak dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap pembentukan, pengembangan dan standarisasi madrasah ramah anak. Pelaksanaan madrasah ramah anak memfokuskan pada tiga hal yaitu peserta didik memiliki kesadaran atas apa yang dilakukan serta konsekuensi yang terjadi, komunikasi dua arah antara tiga pilar madrasah ramah anak yaitu tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua, serta sikap pemanusiaan manusia (3) pemeriksaan peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak dilakukan melalui dua jalur yaitu jelur pemeriksaan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu melalui proses audit serta instrumen monitoring dan evaluasi, dan jalur pemeriksaan lembaga dilakukan oleh tim pelaksana madrasah ramah anak bidang monitoring dan evaluasi melalui checklist kegiatan evaluasi sesuai pedoman satuan pendidikan ramah anak (4) tindak lanjut peningkatan mutu madrasah dalam mengembangkan program madrasah ramah anak yaitu melalui tindakan perbaikan pemenuhan komponen madrasah ramah anak dan tindakan standarisasi madrasah ramah anak. selain itu Berupaya untuk terus melakukan putaran perbaikan lain untuk memacu kemajuan dan mutu madrasah ramah anak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220042 SITI NUR HABIBAH
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:11
Last Modified: 06 Sep 2024 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52259

Actions (login required)

View Item View Item