SARI ASIH, 2817133176 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS KELAS IV SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Sari Asih, NIM. 2817133176, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Make a Match, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits SD Islam Miftahul Huda Plosokandang adalah kurangnya minat membaca dan sulitnya menghafal materi-materi pelajaran Al-Qur’an Hadits yang berupa surat-surat pendek, terjemahan dan berbagai macam hadits. Sebagian peserta didik di kelas IV ini memiliki karakteristik kinestetis, sehingga suka asyik bermain sendiri atau tidak bisa tenang sehingga memerlukan perhatian khusus, masih ada peserta didik yang nilainya berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan KKM pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah 75. Berdasarkan permasalahan inilah, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits pokok bahasan surat al-Lahab pada peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi surah al-Lahab melalui metode Make a Match pada peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?; (2) Bagaimana peningkatan kerjasama dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi surah al-Lahab melalui metode Make a Match pada peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?; (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits pada materi surah al-Lahab melalui metode Make a Match pada peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas atau meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: (1) tahap perencanaan (planning); (2) tahap pelaksanaan (action); (3) tahap pengamatan (observe); dan (4) tahap refleksi (reflect). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 18 peserta didik yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, respon peserta didik, keadaan peneliti dan peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% serta mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits sebagai berikut: (1) Berdasarkan rumusan atau fokus penelitian 1 menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 81,67% meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik; (2) Berdasarkan fokus penelitian 2 menunjukkan bahwa kerjasama peserta mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari perolehan poin make a match siklus I 46 poin dengan prosentase 85,20% menjadi 51 poin dengan prosentase 94,44% pada siklus II selain itu prosentase pengamatan terhadap aktivitas kerjasama peserta didik pada siklus I 84% menjadi 98% pada siklus II; (3) Berdasarkan fokus penelitian 3 menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 50,63 (16,67%) meningkat pada siklus I menjadi 80,56 (61,11%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 87,94 (94,44%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IVA SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133176 SARI ASIH |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 04:32 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5227 |
Actions (login required)
View Item |