KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN Se-Kab Tulungagung)

ALFI MARDIANA, 1880501220028 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN Se-Kab Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Sequential Exploratory Mixed Method Di MAN Se Kab. Tulungagung)”, ini ditulis oleh Alfi Mardiana, NIM 1880501220028. Program Magister Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Yang Dibimbing Oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru Latar belakang penelitian ini adalah Kepemimipinan kepala madrasah yang dapat diartikan sebagai cara atau upaya kepala madrasah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak terkait untuk bekerja atau berperan guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Cara kepala Madrasah untuk membuat orang lain bekerja untuk mencapai tujuan Madrasah merupakan inti kepemimpinan kepala madrasah. Profesionalisme seorang guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan yaitu pemahaman tentang pembelajaran, kurikulum dan perkembangan manusia termasuk gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MAN Se Kab. Tulungagung. Profesionalisme guru dapat dilihat dari indikator, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pembimbingan, serta pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penelitian ini menerapkan penelitian mixed method dengan pendekatan sequential exploratory yang dilakukan di MAN Se Kab. Tulungagung, dengan jumlah populasi 75 orang. Data diambil dengan menggunakan 4 metode yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif diperoleh melalui hasil wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum dan guru, serta observasi kegiatan guru di madrasah dan analisis beberapa dokumen madrasah.. Pengujian validasi instrumen dan kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis korelasi sederhana (product moment). Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN Se Kab. Tulungagung dengan korelasi variabel bebas dengan variabel terikat adalah 0,855 dan R2= 0,730 pada taraf signifikansi 10%. Hal ini berarti kontribusi variabel X (kepemimpinan kepala madrasah) terhadap variabel Y (kprofesional guru) adalah 73%. Sehingga masih sisa 27% faktor lain yang dapat mempengaruhi professionalisme guru di MAN Se Kab. Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220028 ALFI MARDIANA
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:50
Last Modified: 04 Sep 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52377

Actions (login required)

View Item View Item