PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MAN 2 KEDIRI

ELSA DWI ARINDA, 126207203111 (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MAN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 2 Kediri” ini ditulis oleh Elsa Dwi Arinda, NIM 126207203111, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer, Supervisor, Innovator, Motivator, Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai Manajer, Supervisor, Innovator, dan Motivator terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 2 Kediri. Rumusan penelitian ini yakni: (1) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri, (2) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri, (3) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai innovator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri, (4) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri, (5) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, supervisor, innovator dan motivator secara bersama-sama terhadap peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. Tujuan penelitian ini yakni: (1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai manager terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. (2) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai innovator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. (4) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. (5) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, supervisor, innovator dan motivator secara bersama-sama terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer adalah 0,008 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,008 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 19,3%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 41,3%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah sebagai innovator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah sebagai innovator adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 10,6%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 16,3%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, supervisor, innovator, dan motivator terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Kediri yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, supervisor, innovator, dan motivator adalah 0,001 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 19,3%; 41,3%; 10,6; dan 16,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203111 ELSA DWI ARINDA
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:56
Last Modified: 06 Sep 2024 08:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52409

Actions (login required)

View Item View Item