PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI PEREMPUAN MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI TINJAU DARI PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 13 TAHUN 2023 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL ATAS FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2024 (Studi Kasus di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar)

DANANG ADITYA KUSWORO, 126101201044 (2024) PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI PEREMPUAN MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI TINJAU DARI PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 13 TAHUN 2023 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL ATAS FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2024 (Studi Kasus di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

ABSTRAK Danang Aditya Kusworo, 126101201044, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Badan Usaha Milik Desa di Tinjau Dari Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 (Studi Kasus di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Dian Ferricha, S.H., M.H Kata Kunci : Pemberdayaan, BUMDes, Permendes Penelitian ini dilatatarbelakangi oleh adanya pemberdayaan ekonomi perempuan melalui BUMDes di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pemberdayaan perempuan adalah proses kesadaran dan pembentukan kapasitas untuk lebih banyak partisipasi, kekuatan, dan pengawasan dalam pembuatan keputusan dan tindakan transformasi untuk menghasilkan persamaan derajat yang lebih baik antara perempuan dan laki-laki. Fokus penelitian adalah: 1)Bagaimana pemberdayaan perempuan melalui program pemberdayaan BUMDes di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar?, 2) Bagaimana tinjauan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2023 terhadap pemberdayaan usaha ekonomi bagi perempuan yang bekerja di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar?, 3) Bagaimana tinjauan Hukum Islam mengenai pemberdayaan ekonomi bagi perempuan yang bekerja di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis fild research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data menggunakan teknik keabsahan pengecekan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pemberdayaan terkait dengan UMKM, pembuatan kripik, kerajinan tangan yang dijalankan oleh BUMDes Bacem telah memberikan dampak baik terhadap pemberdayaan perempuan perempuan di Desa Bacem serta memberikan dampak positif lain seperti peningkatan kepercayaan diri, partisipasi aktif perempuan dalam komunitas, dan membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar, 2) Kebijakan Permendes PDTT No. 13 Tahun 2023 Dalam Fokus Penggunaaan Dana Desa pasal 2 ayat 1 bunyi d, mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan di Desa Bacem dengan berbagai cara yang efektif, 3) Pemberdayaan ekonomi perempuan di Desa Bacem sejalan dengan ajaran islam, dapat dilihat dari dua perspektif fiqih tamkin: maddi (materi) dan ma’nawi (non-materi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ulama
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201044 DANANG ADITYA KUSWORO
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:53
Last Modified: 09 Sep 2024 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52412

Actions (login required)

View Item View Item