MUHAMMAD IRFAN AZHARI, 12201193299 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QUR’AN GONTOR PONOROGO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo”, ini ditulis oleh Muhammad Irfan Azhari, NIM 12201193299, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Kedisiplinan, Peserta Didik. Guru sebagai salah satu komponen terpenting dalam pendidikan harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik sangat penting yaitu membangun kepatuhan, kesadaran diri peserta didik terhadap tingkah laku, kebiasaan dan sikap yang lebih baik hingga terbentuk suatu kepribadian yang baik. Disiplin sangat penting bagi setiap siswa, disiplin akan membuat siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik dan disiplin akan membentuk kepribadian baik siswa. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan metode guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan teknik guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan taktik guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil adalah guru Akidah Akhlak, Kepala Sekolah dan Siswa. Teknis analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengechekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi teknik, dan sumber. Hasil penelitian menunjukan (1) Metode guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik antara lain Guru menerapkan system pesantren, Guru menerapkan metode uswah hasanah, Guru menerapkan pembiasaan kedisiplinan. (2) Teknik guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik antara lain Guru menerapkan pemahaman kedisiplinan melalui peraturan yang telah dibuat disekolah, Guru memberikan pemahaman tentang tata tertib yang berada disekolah. (3) Taktik guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik antara lain Guru memberikan pemahaman terkait pengelompokan aturan dan sanksi yang ditetapkan di sekolah, Adanya kerjasama antara guru dan ortu melalui buku penghubung, Pembuatan buku pencapaian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193299 MOH IRFAN AZHARI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52418 |
Actions (login required)
View Item |