RAHMAD ABDUL JAMIL, 12201183461 (2024) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MI DARUL ULUM SAWAHAN PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di MI Darul Ulum Sawahan, Panggul, Trenggalek” ini ditulis oleh Rahmad Abdul Jamil, NIM 12201183461, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar, Al-Qur'an Hadis Banyak sekali upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pribadi siswa dan motivasi yang diterima siswa dari seorang guru. Sehingga peran aktif guru dapat menentukan hasil belajar siswa, agar semangat siswa untuk mempelajari materi menjadi lebih bersemangat. Sering kali kita mendengar keluhan dari para siswa yang merasa bosan dan jenuh dengan pelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MI Darul Ulum Sawahan, Panggul, Trenggalek; untuk mendeskripsikan hambatan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MI Darul Ulum Sawahan, Panggul, Trenggalek; dan untuk mendeskripsikan solusi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MI Darul Ulum Sawahan, Panggul, Trenggalek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, guru PAI, siswa. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan langkah-langkah yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi peserta didik meningkat, hal itu didukung oleh: pertama upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MI Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek yaitu guru berperan sebagai motivator, demonstrator, evaluator, mediator, fasilitator dan pengelola kelas. Kedua hambatan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MI Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek yaitu kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Quran Hadis, pengaruh teman sebaya dan terbatasnya sarana dan prasarana madrasah. Ketiga solusi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MI Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek yaitu menumbuhkan minat peserta didik terhadap pelajaran Al-Quran Hadis seperti menciptakan lingkungan belajar yang nyaman; pemberian nasehat; dan memaksimalkan sarana prasarana madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183461 RAHMAD ABDUL JAMIL |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52429 |
Actions (login required)
View Item |