PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELAS A DI TK AISYIYAH 24 BP WETAN GRESIK

EVA NUR AINI, 12206183050 (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELAS A DI TK AISYIYAH 24 BP WETAN GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Perilaku Prososial Anak Kelas A di TK Aisyiyah 24 Bp Wetan Gresik” ditulis oleh Eva Nur Aini, NIM. 12206183050, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Perilaku Prososial Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena perilaku prososial yang dimiliki anak masih terbilang rendah, seperti tidak mau berbagi dengan temannya, anak kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan, anak kurang peduli dan peka kepada temannya, sering merebut mainan yang dipegang temannya, sering mengganggu temannya. Serta guru masih jarang menerapkan metode bermain peran, seringnya guru menerapkan metode demonstrasi, dan bercakap-cakap. Penelitian ini didasarkan pada hipotesis yaitu apakah terdapat pengaruh antara penggunaan metode bermain peran terhadap perilaku prososial anak kelas A di TK Aisyiyah 24 Bp Wetan Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap perilaku prososial anak kelas A di TK Aisyiyah 24 Bp Wetan Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen observasi berupa checklist dan dokumentasi dengan jumlah populasi 20 anak kelas A. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPPS 25. Hasil observasi menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode bermain peran mempunyai pengaruh terhadap perilaku prososial anak kelas A di TK Aisyiyah 24 Bp Wetan Gresik. (2) Metode bermain peran yang diterapkan pada kelas A memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku prososial anak kelas A, hal ini dapat dilihat pada output grup statistik uji independent t-test pada nilai pre test sebesar 18,8 dan pada post test sebesar 24,4 yang memiliki selisih sebesar 5,6.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183050 EVA NUR AINI
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:12
Last Modified: 04 Sep 2024 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52434

Actions (login required)

View Item View Item