ALFI MUNA, 126208202042 (2024) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KEANEKARGAMAN HAYATI KELAS X SMA JAWAAHIRUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
cover.pdf Download (889kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Peoses Pembelajaran Biologi Pada Kurikulum Merdeka Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Muna, NIM. 126208202042, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Kata kunci : standar proses, pembelajaran biologi, standar nasional pendidikan. Salah satu elemen perubahan yang penting dalam kurikulum merdeka adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikkan yang termuat dalam permendikbud No 16 tahun 2022 adalah melalui proses pembelajaran. Oleh karena itu, gambaran mengenai implementasi standar proses penting dilakukan untuk melakukan kajian awal. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran biologi kurikulum merdeka materi keanekaragaman hayati kelas 10 SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran biologi kurikulum merdeka materi keanekaragaman hayati kelas 10 SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran biologi kurikulum merdeka materi keanekaragaman hayati kelas 10 SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. 4) Menganalisis proses pembelajaran biologi kurikulum merdeka materi keanekaragaman hayati kelas 10 SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung sudah sesuai dengan Standar Proses yang terdapat dalam. Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penelitian ini dilakukan melalui studi langsung atau studi lapangan yang dilaksanakan di kelas X SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung dengan cara observasi, wawancara, mempelajari dan menganalisis. Data yang terkumpul semuanya dianalisis dengan analisis deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru Biologi SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung dalam bentuk modul ajar telah memuat semua komponen modu ajar dengan lengkap yaitu : identitas penulis modul, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, model pembelajaran yang digunakan, tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, asesmen, lembar kerja peserta didik 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru Biologi SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung sudah dilaksanakan dengan baik. Guru melakukan tahapan sebagai berikut : guru mengawali pembelajaran dengan salam pembuka, penyampaian apersepsi dan motivasi, menghubungkan materi dengan kehidupan sehari – hari, dan memberikan tugas menggunakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) 3) Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru Biologi SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung meliputi penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan dan penilaian sikap 4) Praktik pembelajaran Biologi materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung pelaksanaannya sudah cukup maksimal, perkembangannya dapat dilihat mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202042 ALFI MUNA |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 13:09 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 13:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52437 |
Actions (login required)
View Item |