TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JUS BUAH (Studi Kasus di Warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

SEPTI AYU FITRI ANDAYANI, 12101183018 (2024) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JUS BUAH (Studi Kasus di Warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Septi Ayu Fitri Andayani, 12101183018, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Jus Buah Di Warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Ashima Faidati, S.H.I., M.Sy. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Jus Buah Penelitian ini dilatarbelakangi praktik yang dilakukan penjual warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung terdapat adanya perbedaan antara kualitas buah yang ditampilkan di etalase dan buah yang disajikan untuk pembeli. Jus buah merupakan kebutuhan bagi pembeli untuk memenuhi asupan buah dan menikmati sensasi yang berbeda dalam mengonsumsi buah. Dalam hal ini penjual tidak memberi tahu mengenai kualitas jus buah secara langsung. Sehingga seringkali membuat pembeli merasa kecewa karena mendapatkan kualitas yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli jus buah di warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap praktik jual beli jus buah di warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Praktik Jual Beli Jus Buah di warung Oredoo Juice dengan motif menampilkan buah-buahan kualitas segar di etalase untuk mengelabui pembeli agar tertarik dengan jus buah yang dijual untuk memperoleh keuntungan lebih besar dan membuat warungnya ramai. Terkait informasi adanya perbedan kualitas, penjual tidak memberitahu secara langsung karena penjual berfikir bahwa pembeli bisa melihat pembuatan jus buah. Perbedaan kualitas disebabkan oleh terbatasnya pasokan buah segar dan penyimpanan yang kurang optimal, sehingga pembeli merasa tertipu dengan tampilan di etalase. Setelah pembelian jus buah, timbul rasa kecewa karena tidak sesuai yang pembeli inginkan. Dengan ini mengakibatkan pembeli merasa dirugikan dan merasa tertipu. 2) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Jus Buah di warung Oredoo Juice Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sudah memenuhi dua dari lima prinsip Etika Bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan dan kebebasan. Namun praktik ini masih belum sesuai dengan prinsip keseimbangan, prinsip tanggungjawab, dan prinsip kebenaran karena adanya bentuk ketidakjujuran dalam transaksi jual beli dan tidak ada kejelasan informasi kualitas buah, terutama ketika jus buah yang disajikan berbeda dengan tampilan di etalase.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183018 SEPTI AYU FITRI ANDAYANI
Date Deposited: 05 Sep 2024 12:35
Last Modified: 05 Sep 2024 12:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52451

Actions (login required)

View Item View Item