MANAJEMEN INOVASI PROGRAM UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Sequential Exploratory Design Mix Method di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus)

AMBARWATI, 12950121013 (2024) MANAJEMEN INOVASI PROGRAM UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Sequential Exploratory Design Mix Method di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Disertasi dengan Judul Manajemen Inovasi Program Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Sequential Exploratory Design Mix Method di MAN 2 Kudus), ini ditulis oleh Ambarwati dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, MPd, dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Inovasi, Mutu Lulusan, Madrasah Aliyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keberhasilan peserta didik MAN 2 Kudus yang memiliki banyak prestasi secara akademik dan riset yang diraih secara kelembagaan, nasional maupun internasional. Keberhasilan ini dibuktikan juga dengan adanya pengakuan berdasarkan terbitnya dua Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yaitu Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6757 Tahun 2020 tentang penetapan MAN 2 sebagai madrasah riset dan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1834 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa MAN 2 Kudus sebagai madrasah unggul bidang akademik. Dengan beberapa bukti ini, menunjukkan bahwa MAN 2 Kudus memiliki manajemen inovasi program unggulan yang baik sehingga berpengaruh dalam peningkatan mutu lulusannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Mutu Lulusan program unggulan akademik dan riset MAN 2 Kudus? 2) Bagaimana inisiasi program unggulan akademik dan riset dalam meningkatkan mutu luusan di MAN 2 Kudus? 3) Bagaimana implementasi program unggulan akademik dan riset dalam meningkatkan mutu luusan di MAN 2 Kudus? 4) Bagaimana daya dukung dalam implementasi program unggulan akademik dan riset dalam meningkatkan mutu luusan di MAN 2 Kudus? 5) Bagaimana evaluasi program unggulan akademik dan riset dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 2 Kudus? 6) Apakah ada pengaruh inisiasi terhadap evaluasi program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus? 7) Apakah ada pengaruh implementasi terhadap evaluasi program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus? 8) Apakah ada pengaruh daya dukung terhadap evaluasi program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus? 9) Apakah ada pengaruh inisiasi program unggulan akademik dan riset terhadap mutu lulusan di MAN 2 Kudus? 10) Apakah ada pengaruh implementasi program unggulan akademik dan riset terhadap mutu lulusan di MAN 2 Kudus? akademik dan riset? 11) Apakah ada pengaruh daya dukung program unggulan terhadap mutu lulusan di MAN 2 Kudus? 12) Apakah ada pengaruh evaluasi program unggulan akademik dan riset terhadap mutu lulusan di MAN 2 Kudus? Jenis Penelitian menggunakan metode campuran (mixed method). Populasi dalam penelitian ini adalah 736 peserta didik kelas program unggulan dan guru yang mengampu kelas program unggulan. Sampel penelitiannya adalah 101. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis kuantitatif dengan menggunakan Smart PLS, 2) analisis kualitatif dengan menggunakan analisis model interaktif. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Mutu lulusan program unggulan akademik dan riset MAN 2 Kudus mencapai nilai 81.49 % dari yang diharapkan. Hal ini secara kualitatif dapat dinyatakan baik. 2) Manajemen inovasi program unggulan akademik dan riset dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 2 kudus dilakukan dengan dengan: a. Inisiasi inovasi program unggulan akademik meliputi merumuskan program bilingual class system sains, menyesuaikan program sains dengan potensi SDM dan menetapkan standar unggul versi madrasah. Adapun inisiasi program riset meliputi menyusun kurikulum berbasis riset, menyesuaikan program riset dengan potensi SDM dan menyusun bentuk pembinaan menuju unggul riset. b. Implementasi inovasi program unggulan akademik meliputi : membagi program BCS sains menjadi 4 kepeminatan, memberikan tambahan materi dan kegiatan yang mendukung keunggulan masing-masing program dan menyesuaikan kompetensi pendidik dengan masingmasing program BCS Sains Sedangkan implementasi program riset meliputi: menjadikan pembelajaran riset sebagai mata pelajaran tersendiri yang terstruktur dalam kurikulum, mengadakan pembinaan riset oleh pembina khusus riset dan mengembangkan skema pembelajaran riset berdasarkan bidang sains dan produk inovatif. c. Daya dukung inovasi program unggulan akademik dan riset meliputi ketersediaan sarana prasarana pembelajaran dan riset secara memadai, ketersediaan pendidik dan pembina riset sesuai kompetensi dan kualifikasi, kepedulian stakeholder internal dan eksternal serta kerjasama dengan researcher partnership. d. Evaluasi inovasi program unggulan akademik dan riset dilakukan dengan: evaluasi dalam inisiasi, evaluasi dalam implementasi dan evaluasi daya dukung program akademik dan riset. e. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan dari inisiasi terhadap evaluasi.Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 1.194 dan P values 0,052. f. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari implementasi terhadap evaluasi. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 4.396 dan P values 0,000. g. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari daya dukung terhadap evaluasi. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 9.440 dan P values 0,000 h. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari inisiasi terhadap mutu lulusan. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 5.104 dan P values 0,000, i.Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari implementasi terhadap mutu lulusan. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 0.308 dan P values 0,005, j.Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari daya dukung terhadap mutu lulusan. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 2.519 dan P values 0,012, k. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari evaluasi terhadap mutu lulusan. Ini ditunjukkan nilai T statistic sebesar 7.769 dan P values 0,000

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121013 AMBARWATI
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:10
Last Modified: 04 Sep 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52471

Actions (login required)

View Item View Item