PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN IPAS BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA SDIT AMANATUL UMMAH BLITAR

SAFIRA INDAH NABILA, 12205193109 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN IPAS BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA SDIT AMANATUL UMMAH BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran IPAS Bagian-Bagian Tubuh Hewan Dan Fungsinya di SDIT Amanatul Ummah Blitar ” ditulis oleh Safira Indah Nabila, Nim 12205193109, Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd,. Kata Kunci: media pembelajaran Ipa, Pop-up Book Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran IPA bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya di SDIT Amanatul Ummah dilatar belakangi oleh belum adanya pengembangan media yang diterapkan pada mata pembelajaran IPA. Media pembelajaran yang interaktif, visual, dan berbasis teknologi dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Mereka juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan kritis yang dibutuhkan dalam dunia yang terus berubah Rumusan masalah dalam penelitan skripsi ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan dengan model ADDIE pada media pembelajaran pop-up book untuk pelajaran IPA pada siswa SDIT Amanatul Ummah? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran pop-up book untuk pembelajaran IPA siswa SDIT Amanatul Ummah? 3) Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk pelajaran IPA siswa kelas SDIT Amanatul Ummah? Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Amanatul Ummah. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran pop-up book untuk pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Amanatul Ummah. 3) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Amanatul Ummah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Penelitian dan pengembangan ialah suatu metode penelitian yang dipakai agar dapat menghasilkan sebuah produk dan menguji kelayakan atau keefektifan produk tersebu. Adapun tahapan-tahapannya antara lain a) Analisis/ analysis b) Desain/ design c) Pengembangan/ development d) Implementasi/ implementation e) Evaluasi/ evaluation. Istrumen penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran Ipa berbasis pop-up book diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 40 dengan presentase 90% yang berarti masuk pada kriteria sangat valid dan tidak revisi. Hasil validasi ahli medi terhadap media pembelajaran ipa berbasin pop-up book 40 dengan presentase sebesar 87,5% termauk dalam kriteria layak. Sedangkan dari hasil uji coba perseorangan didapatkan skor sebanyak 80 dengan persentase 90% maka dapat disimpulkan bahwa media ajar pop-up book layak dan dapat diterapkan sebagai media ajar pembelajaran IPA pada SDIT.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193109 SAFIRA INDAH NABILA
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:00
Last Modified: 21 Sep 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item View Item