AHMAD LABIBUL FUAD, 126201203332 (2024) IMPLEMENTASI METODE MURAJAAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN KELAS VII DI MTs UNGGULAN AL-AZHAAR PAGERWOJO KAB. TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi: Implementasi Metode Murajaah Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Quran Kelas VII Di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung disusun oleh Ahmad Labibul Fuad, NIM. 126201203332, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nurul Ihsannudin, Lc, M.Ag. Kata Kunci : Metode Murajaah, Hafalan Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya penghafal Al-Quran yang hanya sekedar menghafalkannya saja, namun tidak mengutamakan pengulangan hafalan yang telah dihafalnya. Akibatnya banyak penghafal Al-Quran yang tidak meneruskan hafalannya sebab keberatan terkait perbaikan hafalan yang hilang. Pemilihan lokasi di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kabupaten Tulungagung karena memiliki program hafalan yang tidak hanya sekedar membiasakan hafalan namun juga selalu menjaga para siswanya menjadi penghafal Al-Quran dengan menggunakan metode pengulangan hafalan (murajaah) tersebut. Peneliti dalam penelitian ini berfokus pada: (1) Perencanaan metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. (2) Pelaksanaan metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. (3) Evaluasi metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran kelas VII di MTs Unggulan Al-Azhaar Pagerwojo Kab. Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketenunan, triangulasi meliputi (triangulasi sumber, triangulasi teknik,), dan menggunakan bahan refrensi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan yang digunakan pada metode murajaah untuk meningkatkan hafalan Al-Quran kelas VII yaitu: mempersiapkan siswa untuk murajaah baik disekolah maupun dirumah, mempersiapkan hafalan Al-Quran siswa untuk disetorkan ke guru halaqahnya saat datang ke madrasah, mempersiapkan pekerjaan rumah tentang jumlah ayat yang akan dimurajaah, mengkontrol kegiatan murajaah saat dirumah dengan media WA (WhatsApp). (2) Pelaksanaan metode murajaah di MTs Unggulan Al-Azhaar untuk meningkatkan hafalan Al-Quran kelas VII meliputi: mengawali setoran dengan berdoa, klasikal untuk persiapan setoran, setoran hafalan, murajaah untuk meningkatkan hafalan, dan menutup setoran dengan doa. (3) Evaluasi untuk metode murajaah di MTs Unggulan Al-Azhaar untuk meningkatkan hafalan Al-Quran kelas VII dilakukan secara mingguan dan bulanan. Evaluasi mingguan dilakukan setiap minggu dengan refleksi meliputi: refleksi kendala selama seminggu, pembenahan program, penyempurnaan program. Evaluasi bulanan adalah evaluasi yang dilakukan setiap bulan sekali yang meliputi: menindak lanjut evaluasi mingguan, perkontrolan program, perkontrolan target, perkontrolan wali kelas, pelaksanaan live tasmi dengan media youtube, dan pelaksanaan wisuda tahfiz.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203332 AHMAD LABIBUL FUAD |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52505 |
Actions (login required)
View Item |