UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK ISLAM PANGGUL TRENGGALEK

MOH RIFA’I ASHAR, 2811133161 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK ISLAM PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek” ini di tulis oleh Moh Rifa’i Ashar, NIM. 2811133161, dosen pembimbing Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Upaya guru, kegiatan keagamaan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena SMK Islam Panggul Trenggalek merupakan salah satu sekolah swasta di kecamatan Panggul yang bercirikan islam. Sekolah ini menegakkan kedisiplinan dan program keahlian yang diminati oleh banyak siswa. hal ini terbukti karena setiap tahun peminat siswanya semakin meningkat, mayoritas siswa di sekolah ini adalah laki-laki. Maka upaya guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di sekolah ini sangat berpengaruh guna terbentuknya iman yang kuat dalam diri siswa. oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti upaya guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalekini yang nantinya berperan dalam membentuk jiwa siswa yang didasari oleh rasa keimanan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Perencanaan untuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek?. (2) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pelaksanaanuntuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek?. (3)Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengevaluasi untuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Perencanaanuntuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pelaksanaanuntuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengevaluasiuntuk meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru PAI dan sumber data kedua (sekunder) adalah siswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Upaya Guru PAI dalam Perencanaan untuk Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek ialah dengan memisahkan antara materi untuk pelajaran inti dan materi untuk kegiatan ekstra keagamaan. Dalam proses KBM ekstra atau kegiatan pembiasaan keagamaan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI di SMK Islam Panggul ialah dengan membuat program sendiri yang telah dihimpun bersama-sama GPAI di sekolah tersebut. (2) Upaya Guru PAI dalam Pelaksanaan untuk Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek dengan memulai tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan yang terakhir adalah kegiatan penutup. Dalam tahap-tahap tersebut guru tidak membuat reng-rengan kegiatan seperti kegiatan pendahuluan, penyajian dan penutup seperti yang ada di dalam RPP. Hal tersebut dikarenakan pelajaran ekstra atau kegiatan pembiasaan keagamaan tidak ada SK dan KD seperti pelajaran umum dari pemerintah. Sehingga guru melaksanak tahap-tahap pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang diajarkanya. (3) Upaya Guru PAI dalam Evaluasi untuk Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK Islam Panggul Trenggalek ialah dengan penilaian Pskimotorik, Karena dalam penelitian ini membahas tentang kegiatan keagamaan maka objek evaluasi hasil belajar ditekankan pada ranah psikomotorik.Selain itu juga menggunakan penilaian scoring dan pengisian data yang diukur dari aspek belajar siswa dan hasil akhirnya akan terlihat pada objek evaluasi hasil belajar psikomotorik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133161 moh rifai ashar
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:14
Last Modified: 15 Jun 2017 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item