STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LATIFATU KURNIA SARI, 17201153284 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Latifatu Kurnia Sari, NIM 17201153284, dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Strategi guru, Karakter religius Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan peningkatan karakter religius peserta didik melalui kegiatan serta pembelajaran keagamaan di lingkungan madrasah. Melihat pembelajaran keagamaan yang cenderung lebih dominan dibandingkan dengan pelajaran umum, sebagai salah satu kepedulian madrasah dalam meningkatakan karakter religius peserta didik yaitu dengan memfasilitasi masjid sebagai salah satu sarana prasarana penunjang pelaksanaan program keagamaan. Maka peneliti mengangkat judul Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung; 2. Bagaimana hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung; 3. Bagaimana implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, perpanjangan pengamatan, triangulasi (sumber, waktu, teknik) dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung melalui program-program keagamaan seperti pembiasaan shalat dhuha berjama’ah setiap pagi, 1. Hafalan surat-surat pendek / Juz ‘amma setelah pelaksaan shalat dhuha, 2. Membaca asma’ul husna sebelum pembelajaran dimulai, 3. Pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah sebelum pulang sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153284 LATIFATU KURNIA SARI
Date Deposited: 04 Sep 2024 10:28
Last Modified: 04 Sep 2024 10:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52546

Actions (login required)

View Item View Item