Anis Ulin Nadhiroh, 2814133014 (2017) Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (660kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (150kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anis Ulin Nadhiroh, 2814133014, 2017, Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata kunci: Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Materi Himpunan. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa, indikator dari hal ini adalah pencapaian hasil belajar matematika siswa yang relatif rendah dibandingkan dengan hasil belajar mata pelajaran yang lain. Banyak sekali kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya materi himpunan dan dalam bentuk soal cerita. Untuk itu perlu dianalisis apa saja faktor penyebab hal tersebut serta upaya penyelesaiannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi himpunan, (2) Faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi himpunan, (3) Upaya guru dan siswa kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar dalam mengatasi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data tersebut diberikan kepada kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar. Pelaksanaan tes diikuti oleh 43 siswa dari 45 siswa dengan 4 butir soal cerita. Hasil tes tersebut dikoreksi kemudian dipilih 7 orang siswa yang melakukan kesalahan paling banyak dan bervariasi untuk kemudian dianalisis hasil tesnya dengan indikator kesalahan Newman dan dilakukan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) Jenis-jenis kesalahan siswa adalah kesalahan dalam membaca (reading), kesalahan dalam memahami masalah (comprehension), kesalahan transformasi (transformation), kesalahan dalam keterampilan proses (process skill), dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir (encoding), (2) Faktor penyebab kesalahan siswa, faktor internal: siswa kurang menyukai matematika khususnya materi himpunan, siswa merasa kesulitan dan belum paham tentang konsep himpunan, siswa tidak berani bertanya kepada guru jika belum paham, frekuensi belajar siswa kurang, siswa belajar ketika ulangan saja, siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal, siswa tidak meneliti kembali ketika telah selesai mengerjakan soal, siswa belajar sendiri, tanpa didampingi orang yang lebih mengerti; faktor eksternal: suasana kelas ramai dan kurang kondusif saat proses pembelajaran dan tes berlangsung, proses pembelajaran yang monoton dan kurang bervariatif, sehingga menyebabkan siswa merasa bosan, cara penyampaian materi dari guru kadang-kadang terlalu cepat, sehingga siswa sulit untuk mengikuti dan memahami materi yang disampaikan, kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, (3) Upaya yang dapat dilakukan oleh guru: menggunakan media pembelajaran yang cocok untuk memudahkan siswa memahami konsep, mengadakan pendekatan dengan siswa dengan maksud merangsang siswa untuk berani bertanya, memberikan reward untuk menarik minat belajar siswa, mengadakan program remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi dasar, memberikan soal-soal yang dibuat semirip mungkin dengan contoh-contoh yang sudah diberikan, menambah variasi contoh dan soal-soal, dan memberikan drill atau memperbanyak latihan soal; upaya yang dapat dilakukan siswa: belajar lebih giat, memberanikan diri untuk bertanya jika belum paham, lebih teliti dalam mengerjakan soal, mempelajari kembali materi yang sudah dijelaskan oleh guru, memperbanyak latihan mengerjakan soal, dan belajar secara kelompok agar dapat saling berdiskusi terhadap materi yang belum dimengerti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133014 Anis Ulin Nadhiroh |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 07:52 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5255 |
Actions (login required)
View Item |