EKSISTENSI DAKWAH DI TENGAH MASYARAKAT PLURAL (Kajian atas Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sabilu Taubah di Desa Karanggayam Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar)

KRISNA AMANATUL KHUSNAH, 1880511220005 (2024) EKSISTENSI DAKWAH DI TENGAH MASYARAKAT PLURAL (Kajian atas Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sabilu Taubah di Desa Karanggayam Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

Tesis dengan Judul “Eksistensi Dakwah di tengah Masyarakat Pluralitas (Kajian atas Strategi Komunikasi Majelis Taklim Sabilu Taubah di Desa Karanggayam Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Krisna Amanatul Khusnah dengan Promotor Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. dan Dr. Mutrofin, M.Fil.I Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Dakwah, Sabilu Taubah. Eksistensi dakwah di tengah masyarakat yang plural telah dibuktikan melalui majelis taklim Sabilu Taubah. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari komunikasi. Komunikasi saja belum cukup tanpa adanya strategi yang digunakan. Strategi komunikasi merupakan sejumlah aksi atau kegiatan yang ditujukan untuk mencapai tujuan dan tujuan tersebut tidak terlepas dari taktik operasionalnya. Peran majelis taklim di tengah masyarakat plural sangatlah penting dalam menghadapi tantangan umat mulai dari kesenjangan ekonomi umat, masalah akhlak serta keberagaman simbolik. Dakwah Islam bukan hanya berbicara mengenai dai dan mad’u melainkan pada konsep dakwah yang dilakukan di tengah masyarakat plural. Konsep dakwah diharapkan dapat menjalin hubungan insani dengan harmonis dan mampu membangun relasi yang mengedepankan pada nilai-nilai kearifan dalam memandang dakwah dan juga mengandung makna kehidupan yang bermasyarakat. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana konsep dakwah mejelis taklim Sabilu Taubah di tengah masyarakat plural?. (2) Bagaimana pesan-pesan dakwah majelis taklim Sabilu Taubah kepada masyarakat plural?. (3) Bagaimana media dakwah yang digunakan majelis taklim Sabilu Taubah?. Untuk mengetahui pertanyaan tersebut maka metode penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil penelitian ialah (1) Eksistensi dakwah majelis taklim Sabilu Taubah di tengah masyarakat plural mengusung konsep dakwah humanis, moralitas serta spiritual. Konsep dakwah yang berorientasi pada nilai-nilai spiritual yang menampilkan sikap toleransi, kasih sayang, kesabaran kejujuran, keharmonisan sosial, pengampunan serta kedamaian batin. Sesuai dengan nama majelis taklim Sabilu Taubah ialah jalan menuju taubat. (2) Pesan dakwah yang cenderung mengajak umat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa menjalankan printahNya dan menjauhi laranganNya. Disamping itu juga esensi dari jalan menuju taubah ialah senantiasa berdzikir, bersoalawat serta memohon ampunan atas segala bentuk kemaksiatan. Pesan selanjutnya yang terpenting ialah memperbaiki akhlak sesuai dengan akhlaknya Nabi Muhammad SAW. (3) Media yang digunakan majelis taklim Sabilu Taubah meliputi Youtube dengan akun Gus Iqdam Official, Instagram @iqdammuhammad_, Tik-Tok serta seni Hadrah Pusat Sabilu Taubah yang melantunkan syair-syair sholawat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: 1880511220005 KRISNA AMANATUL KHUSNAH
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:54
Last Modified: 06 Sep 2024 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52573

Actions (login required)

View Item View Item